Categories
Penyakit

Jangan Sepelekan! Inilah Bahaya Jika Asam Urat Tidak Segera Diobati

Jenis penyakit asam urat seringkali menimpa pria maupun wanita. Akan tetapi pria cenderung lebih berpotensi mengalaminya. Terlebih lagi untuk rentang usia 30 sampai 50 tahun. Pada biasanya wanita saat memasuki masa menopause lebih berpeluang adanya serangan penyakit asam urat. Pada dasarnya, menurut penjelasan Lifepack, asam urat tersebut dihasilkan oleh tubuh secara alami dalam mengurai zat purin dalam makanan.

baca: Obat Asam Urat yang Manjur

Secara normal, kondisi asam urat yang tidak terpakai secara langsung akan dibuang oleh tubuh yaitu melalui feses atau melalui urine. Apabila produksi asam urat lebih banyak, sedangkan ginjal tidak dapat membuangnya ,maka hal ini dapat menimbulkan bahaya yang lebih fatal. Sementara kadar asam urat yang tinggi didalam darah bisa menimbulkan adanya pembentukan kristal padat pada bagian sendi.

Bahaya Asam Urat yang Tidak Segera ditangani 

Kristal padat yang dibiarkan begitu saja pada akhirnya seringkali menimbulkan adanya peradangan maupun penyakit asam urat. Apabila kondisi seperti ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka kristal padat bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit. Bahkan kondisi yang membahayakan tubuh, misalnya saja adanya penyakit ginjal bahkan hingga kerusakan bagian sendi.

Ternyata tidak hanya itu saja, karena masih ada bahaya lain yang ditimbulkan apabila kondisi asam urat tidak segera diobati. Diantaranya seperti berikut ini:

  1. Batu Ginjal

Kondisi asam urat yang tidak segera mendapatkan pengobatan maka dapat memunculkan batu ginjal. Batu ginjal tersebut bisa saja muncul akibat asam urat yang menumpuk. Penumpukan batu inilah yang seringkali mengganggu fungsi dari ginjal. Sehingga pada akhirnya menimbulkan penyakit gagal ginjal.

  1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner juga tidak terlepas dari yang namanya asam urat. Penyumbatan kristal pada asam urat yang tidak segera mendapatkan penanganan akan berpengaruh terhadap Pembuluh darah yang akan dibawa oleh darah. Sehingga penderita asam urat bisa berpeluang mengalami penyakit jantung koroner.

  1. Tophi

Kondisi tophi ini yaitu kondisi adanya penumpukan kristal padat yang terdapat pada bagian kulit bawah yang pada akhirnya membentuk benjolan kecil yang berwarna putih. Di dalam tophi ini dapat ditemukan cairan berbentuk seperti pasta gigi. Pada biasanya cairan ini muncul pada area lengan, ibu jari, kaki jari, tangan, telinga, tumit, lutut, maupun pada sepanjang pergelangan kaki atau punggung kaki.

Kondisi seperti ini dapat menimbulkan rasa yang menyakitkan. Terlebih lagi apabila tophi sudah membengkak dan meradang. Pada biasanya penderita akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Kerusakan Bagian Sendi

Bagian sendi akan mengalami kerusakan apabila kadar asam urat dalam darah tidak lagi terkontrol. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi secara permanen dan hal ini bisa muncul setelah penderita mengalami tophi. Pada bagian sendi yang berada dalam kondisi seperti ini dianggap sebagai kondisi yang sangat serius. Sebab itu dokter selalu menyarankan untuk melakukan prosedur operasi supaya dapat mengganti sekaligus memperbaiki sendi yang rusak.

  1. Diabetes

Kondisi asam urat yang tidak segera ditangani dengan baik maka beresiko terhadap penyakit diabetes. Kadar asam urat yang tinggi bisa saja meningkatkan diabetes sampai dengan 20%. Sebab itu jika sekiranya Anda mempunyai riwayat diabetes, jangan pernah menunda untuk segera mengobatinya.

Demi melakukan pencegahan adanya komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit asam urat, maka disarankan bagi Anda untuk segera melakukan pengobatan. Silahkan berkonsultasi ke dokter mengenai pengobatan yang tepat dilakukan supaya meminimalisir agar tidak terjadinya penyakit yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *