Categories
Obat

3 Obat Asam Urat yang Dapat Meredakan Rasa Nyeri

Pengapuran yang terjadi pada sendi disebut sebagai asam urat. Penyakit yang satu ini seringkali dirasakan pada bagian jempol kaki, bagian kaki, pergelangan kaki, lutut, area tangan, bahkan sampai di bagian telapak kaki. Penyakit asam urat ini memang sangat mengganggu segala aktivitas yang dilakukan oleh penderitanya. Sebab itu dibutuhkan obat asam urat yang sekiranya dapat meredakan rasa nyeri.

Baca: Segera Obati Penyakit Asam Urat

Dokter akan memberikan resep obat generik secara khusus supaya kadar asam urat dapat diturunkan. Dengan begitu gejala asam urat tidak lagi kambuh. Anda pun juga bisa meredakan gejala dari penyakit asam urat melalui obat yang dijual bebas di apotek. Ada banyak sekali jenis obat yang bisa Anda pilih untuk bisa meredakan rasa nyeri akibat asam urat.

Daftar Obat Asam Urat yang Dapat Meredakan Rasa Nyeri

Rasa sakit dan terasa nyeri akibat asam urat dapat saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu supaya bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh asam urat, sebaiknya Anda menyetok beberapa daftar obat asam urat yang bisa Anda simpan di rumah. Dengan begitu saat gejala tersebut muncul Anda bisa segera mengkonsumsinya.

Berikut ini daftar obat asam urat yang bisa ditemukan di apotik untuk meredakan rasa nyeri, di antaranya:

  1. Ibuprofen

Jenis obat penghilang rasa nyeri golongan NSAID yang seringkali digunakan untuk mengatasi kadar asam urat yang terlalu tinggi yaitu seperti Ibuprofen. Untuk bisa menemukan obat ini Anda tidak perlu mendapatkan resep dari dokter, karena obat ini dijual bebas di apotek. Akan tetapi apabila kondisi asam urat Anda terlalu parah maka dokter akan meresepkan Ibuprofen pada dosis yang jauh lebih tinggi.

Obat ibuprofen akan bekerja dengan cara menghalangi produksi prostaglandin yang mana zat yang dikeluarkan oleh tubuh supaya memicu sensasi sakit maupun pembengkakan yang menjadi respon dari adanya peradangan. Jenis obat ini bisa diminum ketika penderita mengalami gejala asam urat. Untuk dosisnya yaitu kisaran 800 mg pada sehari. Apabila nyeri asam urat telah hilang maka dosis obat harus diberhentikan.

  1. Indometasin

Cara kerja dari obat Indometasin ini yaitu seperti dengan jenis obat ibuprofen karena sama-sama menghentikan produksi dari zat yang dapat memicu peradangan maupun rasa sakit pada tubuh. Penderita yang mengkonsumsi obat indometasin ini bisa meringankan bengkak, nyeri, maupun kekakuan pada bagian sendi.

Indometasin tersedia dalam dua bentuk, yaitu sirup dan kapsul. Ketika Anda mengkonsumsinya dalam bentuk obat kapsul maka bisa ditelan langsung menggunakan segelas air. Jangan mengunyah, menghancurkannya, membuka kapsul, atau bahkan menggigit.

  1. Allopurinol

Penderita asam urat direkomendasikan untuk mengkonsumsi jenis obat allopurinol ini. Obat ini dapat mencegah gejala dari asam urat. Akan tetapi obat ini tidak digunakan untuk mengobati rasa sakit asam urat yang sedang terjadi. Allopurinol akan bekerja mengurangi produksi dari asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Sebab itu frekuensi dari serangan asam urat yang terjadi di kemudian hari dapat dilakukan pencegahan. Terutama ketika rasa nyeri dan sendi membengkak.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat memang seringkali mengganggu para penderitanya dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Sebab itulah menghilangkan dan mengurangi rasa nyeri yang mengganggu tersebut para penderitanya selalu disarankan untuk mengkonsumsi obat asam urat. Apabila Anda bingung menentukan obat apa yang tepat dikonsumsi, maka bisa melakukan pemilihan salah satu diantara banyaknya pilihan obat asam urat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *