Categories
Kesehatan Tips

Cara Mudah Mengatasi Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

Asam urat memang bukan menjadi penyakit yang mematikan, akan tetapi asam urat menjadi penyakit yang harus diwaspadai. Apabila penyakit asam urat tidak segera ditangani tentunya dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang lainnya. Ternyata asam urat tidak hanya menyerang pada usia tua atau lansia saja. Akan tetapi untuk anak muda pun juga bisa mengalaminya. 

Baca: Coba 3 Obat Asam Urat Ini

Penderita yang mengalami asam urat seringkali merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu. Bahkan bisa menimbulkan pembengkakan pada bagian sendi. Rasa nyeri yang ditimbulkan itulah yang membuat para penderitanya seringkali merasakan ketidaknyamanan ketika melakukan berbagai aktivitas. Terlebih lagi ketika gejala asam urat tersebut mulai kambuh.

Cara Agar Asam Urat Tidak Lagi Kambuh 

Penyakit asam urat memang tidak dapat disembuhkan secara total. Akan tetapi gejala nyeri dan rasa sakit yang ditimbulkan bisa dikendalikan. Untuk mengendalikannya membutuhkan beberapa tips yang perlu Anda ikuti seperti berikut ini:

  1. Pengobatan Secara Medis

Pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui medis, bisa juga dengan menggunakan bahan alami. Proses pengobatan secara medis ini akan dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan tertentu yang dapat meringankan gejalanya sekaligus mencegah penyakit asam urat kambuh lagi. Ada banyak jenis obat yang akan di resepkan dokter kepada penderita asam urat.

Misalnya saja seperti obat antiinflamasi non steroid (OAINS) dan colchicine. Selain mendapatkan resep obat dari dokter, penderita pun juga bisa menemukan jenis obat asam urat melalui Apotek tanpa harus menebus resep dokter. Akan tetapi Anda harus mengetahui dosis yang terdapat pada obat tersebut.

  1. Pengobatan Secara Alami

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika Anda ingin mengobati penyakit asam urat dengan cara alami, misalnya seperti berikut:

  • Mengkonsumsi Air Lemon

Kandungan air lemon memiliki asam sitrat yang dapat mengusir asam lemak dari dalam tubuh. Sebab itulah mengapa penderita asam urat selalu dianjurkan untuk secara rutin mengkonsumsi air lemon, paling tidak dua kali dalam sehari. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon juga dapat meminimalisir kekambuhan dari asam urat.

  • Sayur dan Buah dengan Kandungan Antioksidan

Penderita penyakit asam urat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang mempunyai kandungan antioksidan. Misalnya saja seperti buah Berry. Buah yang satu ini mempunyai kandungan berupa flavonoid yang dapat mengatasi adanya kram maupun peradangan yang seringkali ditimbulkan karena penyakit asam urat.

  • Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Air putih tidak hanya dipercaya sebagai membantu kinerja ginjal dalam mengeliminasi asam urat saja. Akan tetapi penderita yang seringkali mengeluhkan rasa nyeri akibat asam urat juga bisa diatasi jika mengkonsumsi air putih yang cukup. Melalui air putih inilah yang dapat membuang zat di dalam tubuh yang tidak terpakai. Selain itu air putih juga dapat melancarkan pembuangan asam urat di dalam tubuh yang sudah menumpuk.

  • Hindari Stres

Peradangan yang terjadi bisa saja meningkatkan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Hal ini seringkali ditimbulkan karena penderita merasa stres. Kondisi inilah yang seringkali membuat kualitas hidup penderita berada dalam kondisi buruk. Apabila Anda ingin mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat gejala asam urat, maka disarankan untuk menghindari pikiran yang stres.

Beberapa cara yang ada di atas bisa Anda ikuti supaya asam urat yang Anda rasakan tidak lagi kambuh. Untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan asam urat tidak hanya bisa menggunakan bantuan medis saja. Akan tetapi masih ada cara lain sederhana yang bisa Anda coba, termasuk beberapa cara alami yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *