Categories
Kesehatan Tips

Vertigo: Penyebab Hingga Cara Pengobatannya

Vertigo adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh mereka yang berusia dewasa. Gangguan ini terjadi pada area kepala yang bisa membuat penderitanya merasa pusing hingga berputar-putar. Bahkan pada kejadian yang lebih parah, vertigo bisa menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan dan kesadaran. 

Gejala Gangguan Vertigo

Gejala utama dari vertigo adalah gangguan pada area kepala yang membuat penderitanya merasa pusing hingga seolah berputar. Pada kasus yang lebih parah, vertigo akan disertai oleh gejala lainnya seperti berikut ini:

1. Sulit untuk menyampaikan kata-kata atau berbicara

2. Kesadaran menurun hingga menyebabkan penderita tidak dapat berdiri tegak atau bahkan hilang kesadaran total. Vertigo juga bisa menyebabkan penderitanya kehilangan kemampuan pendengaran

3. Pelemahan pada anggota tubuh. Tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih.

4. Tidak mampu melihat sekeliling dengan jelas karena penglihatan seolah berbayang

5. Penderita merasa mual bahkan hingga muntah karena faktor penglihatan yang seolah berputar di sekitarnya. Pada kasus tertentu penderita mungkin akan merasakan demam.

baca juga: Cara Mengatasi Asam Urat

Penyebab Gangguan Vertigo

Gangguan vertigo dapat muncul karena adanya masalah keseimbangan pada telinga bagian dalam maupun gangguan yang terjadi pada sistem saraf pusat. Kondisi ketidakseimbangan dan juga gangguan pada sistem saraf pusat dapat muncul karena beberapa penyebab berikut ini:

1. Cholesteatoma

Kulit yang merupakan non – kanker ini tumbuh di bagian telinga tengah disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi secara berulnag. Beberapa kulit non-kanker ini juga bisa muncul pada bagian belakang organ gendang telinga yang menyebabkan kerusakan pada struktur tulang telinga di bagian tengah. Kerusakan struktur tulang bisa menyebabkan pusing hingga gangguan pada pendengaran.

2. Labirinitis

Labirinitis muncul dari infeksi yang timbul di labirin telinga dalam hingga menyebabkan radang pada saraf vestibulocochlear. Akibat radang pada saraf vestibulocochlear dapat menyebabkan gangguan kemampuan otak dalam menggerakkan kepala atau mengenali suara. 

3. Penyakit Meniere

Mereka yang berusia 40 hingga 60 tahun memiliki risiko tinggi terjadinya meniere. Penyakit meniere merupakan gangguan berupa cairan yang menumpuk pada telinga bagian dalam. Kondisi ini kemungkinan besar terjadi karena adanya virus, hingga pembuluh darah menyempit. 

Pencegahan Gangguan Vertigo yang Tiba-tiba Muncul

Apabila Anda sering mengalami gangguan vertigo, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter. Meski begitu, ada beberapa cara pencegahan sederhana yang bisa dilakukan oleh Anda secara mudah dari rumah. 

1. Cara Tidur

Untuk menurunkan kemungkinan timbulnya vertigo, Anda bisa merubah cara tidur Anda. Sebaiknya posisikan kepala lebih tinggi ketimbang tubuh dan juga kaki. Tidur dengan memposisikan kepala lebih tinggi akan membuat aliran darah lebih lancar ke kepala dengan membawa oksigen segar. 

2. Jangan Membungkuk

Hindari memposisikan tubuh dalam gerakan membungkuk karena justru akan menyebabkan masalah vertigo semakin parah. Kebiasaan membungkuk akan membuat risiko vertigo kambuh lebih besar. 

3. Jangan Langsung Terbangun dari Tidur

Ketika bangun tidur di pagi hari, jangan langsung membawa tubuh untuk berdiri secara tiba-tiba. Bawa tubuh dalam posisi duduk secara perlahan terlebih dulu ketika bangun tidur baru kemudian berdiri.

4. Jangan Menggerakkan Kepala Secara Mendadak

Kebiasaan menolehkan kepala secara tiba-tiba dapat meningkatkan risiko timbulnya vertigo. Pada beberapa kasus, vertigo bahkan akan muncul seketika orang tersebut menolehkan kepalanya mendadak. Usahakan untuk menolehkan atau menggerakkan kepala secara perlahan untuk menghindari timbulnya vertigo. 

Meski pada beberapa kasus vertigo dapat menghilang secara perlahan dengan sendirinya, namun gangguan ini tetap tidak boleh dianggap remeh. Apabila frekuensi munculnya vertigo semakin sering, segera konsultasikan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *