Categories
Kesehatan Penyakit

Asam Urat: Penyebab Hingga Obatnya

Gangguan asam urat adalah salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini memang bisa dikatakan merupakan hasil yang dipetik oleh penderitanya akibat gaya hidup yang kurang sehat sewaktu muda. Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter mungkin akan memberikan obat medis untuk meredakan gejala penyakitnya. Namun untuk kondisi tertentu, asam urat juga bisa diturunkan menggunakan obat-obatan alami. 

Penyakit Asam Urat Tinggi

Asam urat sendiri sebenarnya merupakan zat yang secara alami ada pada tubuh dalam jumlah tertentu. Namun, ketika asam urat justru menumpuk dalam jumlah berlebih di tubuh, maka pada saat itulah seseorang akan merasakan gejala sakit yang disebut gejala asam urat. Gangguan asam urat akan menyerang persendian di tubuh hingga menyebabkan penderitanya kesulitan beraktivitas. 

baca: Tips agar Asam Urat Tidak Mudah Kambuh

Sendi yang dapat diserang oleh penyakit asam urat sebenarnya beragam. Namun, kebanyakan penderita mengalami masalah pada persendian di jari tangan dan ujung jari kaki. Gangguan asam urat tinggi menyebabkan terbentuknya kristal dalam jumlah besar pada tumbuh dan menumpuk pada area tubuh tertentu. 

Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Gangguan asam urat dapat muncul ketika purin yang dikonsumsi dalam tubuh kemudian menumpuk dan membentuk kristal. Akibatnya, bagian tubuh tertentu mengalami pembengkakan dan terasa sakit. 

1. Konsumsi Makanan Zat Purin Tinggi

Kebiasaan mengkonsumsi makanan mengandung zat purin tinggi menjadi salah satu faktor terbesar penyebab asam urat. Makanan ini meliputi jeroan hewan, daging merah dan makanan laut.

2. Konsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol meningkatkan risiko asam urat. Selain itu kurangi pula konsumsi minuman kaya gula.

Obat Alami untuk Gangguan Asam Urat 

 Untuk menurunkan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sejumlah obat-obatan alami. Kelebihan mengkonsumsi obat-obatan alami adalah efek sampingnya yang rendah bahkan beberapa tidak memiliki efek samping sama sekali. 

1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung polifenol, mineral hingga kafein. Manfaat kandungan senyawa dalam kopi dapat menaikkan tingkat metabolisme purin untuk diubah menjadi asam urat. Selain meningkatkan metabolisme purin, kopi juga dapat meningkatkan proses pembuangan asam urat lewat urine. Namun, untuk mereka yang memiliki masalah sakit lambung sebaiknya mengurangi kopi.

2. Makanan Tinggi Vitamin C

Penderita asam urat tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya kandungan vitamin C alami. Vitamin C memiliki manfaat dalam menurunkan jumlah asam urat yang tinggi dalam tubuh. Buah yang bisa dikonsumsi penderita asam urat seperti semangka, kiwi, jambu, nanas dan juga jeruk. Sementara sayur yang disarankan adalah kentang, kembang kol, bayam, tomat, serta brokoli.

3. Kunyit

Di dalam kunyit terdapat kandungan curcumin yang bermanfaat sebagai antiradang. Untuk memanfaatkan kunyit sebagai obat alami asam urat adalah dengan merebus kunyit dan mengkonsumsinya rutin.

4. Jahe

Tanaman rimpang di Indonesia ini memiliki manfaat sebagai obat alami untuk penderita asam urat tinggi. Di dalam jahe terdapat kemampuan antiradang sehingga bisa menurunkan rasa nyeri pada penderita asam urat.  Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat alami asam urat dapat dilakukan dengan cara mencampur air hangat dengan satu sendok makan jahe yang sudah diparut. 

Selanjutnya gunakan ramuan ini dengan cara merendam kain ke dalam air kemudian digunakan untuk mengompres bagian yang bengkak. Anda juga bisa memanfaatkan teh jahe untuk dikonsumsi. 

Sementara untuk pengobatan medis, Anda harus pergi ke dokter terlebih dulu. Dokter biasanya akan meresepkan obat allupurinol untuk menurunkan kadar asam urat. Dosis allupurinol akan disesuaikan dengan kadar asam urat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *