Categories
Penyakit Tips

Kenali Ciri-ciri Penyakit Vertigo, Penyebab, dan Bahayanya bagi Tubuh

Vertigo ditandai dengan sakit kepala yang hebat dan terasa berputar. Ketika seseorang mengalami vertigo, maka orang tersebut akan sangat merasa pusing hingga tak mampu melakukan apapun. Ada dua jenis penyakit vertigo yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Apakah perbedaannya? Vertigo perifer disebabkan oleh masalah pada telinga bagian dalam, organ kecil yang berkomunikasi dengan otak untuk mengontrol keseimbangan, obat-obatan tertentu, dan cidera kepala.

Sedangkan, vertigo sentral diakibatkan oleh masalah pada cerebellum atau bagian yang mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang. Faktanya, tidak semua orang sadar jika dirinya mengalami sakit vertigo. Mirisnya, tak sedikit yang mengabaikan penyakit ini. Padahal, jika dibiarkan, akan ada bahaya yang mengintai. Oleh karena tiu, sebelum beranjak kian parah, yuk kita kenali ciri-ciri dari penyakit vertigo ini!

Ciri-ciri Penyakit Vertigo

Gejala utama dari penyakit vertigo adalah pusing, sensasi kepala yang berputar, dan kehilangan keseimbangan. Selain itu, gejala lainnya yaitu mual dan muntah, berkeringat hingga pingsan, tinnitus dan hilangnya pendengaran, hingga sensasi merasa akan terjatuh. Ciri-ciri vertigo tersebut biasanya akan hilang timbul selama beberapa menit, jam, hingga hari. Namun, jika gejala vertigo menjadi lebih parah, seperti anggota tubuh terasa lemah, penglihatan terbayang, kesulitan bicara, pergerakan mata tidak normal, penurunan kesadaran, respon melambat, kesulitan berjalan, dan demam, maka segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Vertigo

Secara umum, penyakit vertigo disebabkan oleh beragam kondisi, diantaranya diabetes, migrain, stroke, penyakit Parkinson, dan tumor otak. Namun, vertigo ini juga akan lebih berisiko terjadi pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok maupun mengonsumsi minuman alkohol. Vertigo juga bisa disebabkan oleh trauma dalam telinga serta suplai darah ke batang otak dan otak kecil yang menurun. Jika tidak segera ditangani, vertigo dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Bahaya Vertigo bagi Tubuh

Beberapa masalah kesehatan yang timbul akibat vertigo adalah sebagai berikut.

Kehilangan Pendengaran

Pada kasus yang masih ringan, vertigo mengganggu pendengaran seperti telinga berdenging. Namun, jika sudah parah, seseorang yang mengalami sakit vertigo bisa saja kehilangan pendengarannya. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan beberapa penyebab vertigo seperti penyakit Meiere dan Labirinitis dapat mengakibatkan Anda kehilangan pendengaran. 

Pertanda Penyakit Stroke 

Jika penyakit vertigo Anda tidak kunjung sembuh atau malah sering kambuh, disertai gejala lain seperti kelemahan pada satu sisi tubuh atau kesulitan mengontrol gerakan, maka vertigo bisa jadi pertanda dari gangguan pada sistem saraf yaitu stroke.

Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Ketika sudah kronis, maka vertigo akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sebab, ketika kambuh, Anda akan kesulitan untuk berdiri dan berjalan hingga harus membatasi aktivitas dan pekerjaan Anda.

Kehilangan Keseimbangan

Saat vertigo menyerang, maka seseorang akan kesulitan dalam mengendalikan keseimbangan tubuhnya. Akibatnya, tubuh bisa terjatuh dan mengalami cidera.

Jika diperhatikan, maka bahaya vertigo memang tidak bisa dianggap remeh. Sila lakukan pemeriksaan rutin ke dokter guna penanganan yang lebih intensif. Selain itu, Anda harus mengontrol asupan garam guna mengurangi gejala vertigo pada penyakit Meniere. Konsumsi pula jahe, buah citrus, bawang putih, bayam, dan paprika untuk meringankan beberapa gejala vertigo atau mencegah kambuhnya vertigo.

Selain itu, beberapa upaya pencegahan supaya vertigo tidak kambuh seperti tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, duduk diam sejenak setelah bangun tidur, menggerakkan kepala perlahan, dan hindari posisi membungkuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *