Categories
Penyakit

Mari Mengetahui Seluk Beluk Hepatitis

Anda tahu bukan bahwa dalam kondisi medis, terdapat berbagai macam kalimat yang mungkin masih terngiang jelas di dalam otak. Pasti sebagian besar orang tahu tentang hepatitis bukan? Hepatitis merupakan salah satu kondisi medis yang diidap oleh seseorang dan tentunya perlu perhatian yang sangat khusus untuk Anda ketahui. Tetapi, mungkin sebenarnya Anda sedang bertanya-tanya “apa itu hepatitis?’ atau “ apa tipe-tipe dari hepatitis dan cara mencegah hepatitis?” memang pertanyaan ini haruslah diselesaikan di sini, agar tidak kepikiran.

Apa itu Hepatitis dan Penyebabnya?

Anda harus tahu bahwa hepatitis merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada area hati atau liver. Kenapa bisa seseorang mengidap hepatitis? Tentu saja hal ini bisa terjadi, karena infeksi virus. Apakah penyakit yang satu ini bisa menular? Perlu untuk Anda ketahui, bahwa hepatitis merupakan penyakit yang menular. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

baca juga: Waspadai Gejala Tifus Ini

Sebelumnya, apakah Anda mengetahui penyebab dari hepatitis? Inilah informasi mengenai penyebab dari hepatitis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Hepatitis A

Anda harus tahu bahwa hepatitis A ini disebabkan karena infeksi virus hepatitis A atau HAV. Harus Anda ketahui juga, bahwa penularan dari hepatitis A ini dikarenakan makanan serta minuman yang sudah dikontaminasi denagn fese penderita hepatitis A.

  • Hepatitis B

Selanjutnya adalah hepatitis B yang disebabkan oleh infeksi sirus HBV. Bagaimana cara penularannya? Cara yang ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang dimiliki penderita hepatitis B. cairan apa saja itu? Cairan itu baik berupa darah, cairan yang dihasilkan vagina, atau air mani.

  • Hepatitis C

Anda tahu bahwa hepatitis C disebabkan karena HCV atau infeksi virus hepatiitis C. Bahkan, hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa hepatitis yang satu ini sama dengan hepatitis B. Cara penularannya gimana? Cara penularan sendiri bisa saja terjadi, karena hubungan seks tidak menggunakan kondom atau meggunakan suntikan bekas yang pernah digunakan oleh penderita hepatitis C.

  • Hepatitis D

Banyak sekali untuk macam-macam hepatitis, salah satunya yang ada adalah hepatitis D. Bagaimana bisa mengidap hepatitis D? Tentu saja hal ini terjadi karena HDV. Penularan sendiri bisa diakibatkan karena darah atau cairan tubuh, tetapi virus HDV ini tidak mampu berkembang biak ketika tidak ada hepatitis B.

  • Hepatitis E

Hepatitis E ini disebabkan oleh HEV. Anda harus tahu bahwa hepatitis E ini mudah menular yang mempunyai lingkungan dengan sanitasi yang cukup buruk. Salah satu media penularannya adalah sumber air yang sudah terkontaminasi.

Gejala Hepatitis

Anda harus tahu bahwa ketika sudah mengetahui pengertian dan penyebab terjadinya hepatitis, mulai dari hepatitis A, B, C, D, dan E. Anda harus menggaris bawahi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh hepatitis. Inilah gejala yang bisa ditimbulkan oleh hepatitis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mula dan muntah
  2. Demam
  3. Kelelahan yang berlebihan
  4. Fases pucat
  5. Urine gelap
  6. Nyeri perut dan sendi
  7. Hilangnya nafsu makan
  8. Berat badan menurun
  9. Mata serta kulit menjadi kekuningan

Anda bisa melihat gejala yang nampak ketika terjadi hepatitis. Anda bisa melakukan konsultasi ringan bersama dengan dokter yang sudah disediakan oleh lifepack.id. Lifepack melayani berbagai macam pertanyaan dengan jangka waktu 24 jam. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kesehatan melalui website atau aplikasi yang sudah tersedia di google play store atau app store.

Cara Mencegah Hepatitis

Inilah cara yang digunakan untuk mencegah hepatitis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air bersih
  2. Melakukan hubungan seksual yang aman, menggunakan kondom dan tidak melakukan pergantian pasangan
  3. Menghindari pembagian alat pribadi
  4. Menjaga imunitas tubuh
  5. Tidak mengkonsumsi alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *