Categories
Obat

4 Kegunaan Obat Domperidone, Bukan Hanya untuk Mual Saja

Kegunaan Obat Domperidone

Domperidone adalah obat antiemetik yang berguna untuk meredakan rasa mual, muntah, dan GERD. Pada dasarnya, domperidone bekerja dengan cara membuat proses pencernaan makanan di dalam lambung lebih cepat agar langsung berlanjut ke usus. Sehingga, rasa mual dapat dihentikan dengan cepat. Berikut adalah kegunaan obat domperidone lebih lengkapnya.

1. Mengatasi Mual dan Muntah

Kegunaan Utama dari obat yang satu ini adalah untuk mengatasi mual dan muntah. Biasanya, pada orang dewasa, mual dan muntah yang bisa diatasi oleh obat ini adalah mual dan muntah yang disebabkan karena kemoterapi dan migren. Sementara, pada anak-anak mual dan muntah yang disebabkan oleh radioterapi atau sitotoksik.

Jadi, jika Anda mengalaminya, Anda bisa mengkonsumsi obat ini sebagai penawar atau untuk meredakannya. Soal dosis, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar bisa mendapatkan takaran yang tepat. Hal tersebut dikarenakan obat ini juga memiliki efek samping, apalagi jika dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan.

2. Masalah Perut

Kegunaan obat domperidone yang kedua adalah untuk mengatasi masalah perut. Namun, bukan sembarang masalah perut yang bisa atasi, obat ini bisa mengatasi masalah perut yang diakibatkan karena keterlambatan dalam perut untuk melakukan pengosongan. Gejala yang menandakan gangguan perut ini adalah kram perut, perut kembung dan merasa cepat kenyang.

Ketidakmampuan perut dalam melakukan pengosongan biasanya terjadi karena adanya masalah atau gangguan dengan sinyal saraf yang ada di perut. Masalah ini, juga bisa disebabkan karena lambung mengalami kontraksi yang tidak normal dan bahkan tidak berkontraksi sama sekali. Jika, Anda mengalaminya, obat ini mungkin juga bisa menjadi solusinya.

3. Mengatasi Dispepsia

Masalah selanjutnya yang bisa diatasi dengan obat ini adalah dyspepsia. Secara definisi, dyspepsia merupakan kumpulan gejala yang ditandakan dengan rasa yang tidak nyaman pada bagian perut. Beberapa tandanya adalah perut terasa penuh, sakit perut, nyeri pada ulu hati dan kembung. Dispepsia bukanlah penyakit, melainkan suatu gejala yang mungkin akan menimbulkan penyakit.

Jadi, dispepsia adalah sekumpulan dari gejala yang muncul secara bersama dan terjadi pada bagian perut. Masalah ini juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan obat domperidone. Namun, tetap Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak salah diagnosis dan menimbulkan masalah yang lebih serius nantinya.

4. Masalah Esofagitis

Gangguan kesehatan lain yang bisa diatasi dengan obat domperidone adalah masalah esophagitis. Masalah ini didefinisikan sebagai gangguan peradangan pada lapisan kerongkongan. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit saat Anda menelan makanan dan juga akan menimbulkan rasa peruh di dada.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebabnya yang paling utama adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini bisa terjadi saat adanya gangguan pada katup yang memiliki fungsi penahan isi lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Penyebabnya yang kedua adalah alergi pada makanan tertentu atau juga bisa disebabkan oleh lingkungan, seperti debu.

Jika Anda mengalami gangguan ini, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan obat domperidone karena memang memiliki kandungan khusus untuk meredakan peradangan pada kerongkongan.

Itulah tadi beberapa kegunaan obat domperidone untuk mengatasi gangguan kesehatan, khususnya pada sistem pencernaan. Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam menggunakan obat ini, karena obat ini juga memiliki efek samping dan juga saat akan menggunakannya, pastikan telah sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *