Categories
Obat

4 Obat Mengi yang Bisa Meredakan Mengi dengan Cepat

Obat Mengi

Apakah Amda pernah mendengar yang namanya mengi? Mengi merupakan suara yang khas dari udara yang keluar daari saluran pernapasan karena menyempit. Mengi menghasilkan suara seperti siulan yang lirih dan semakin keras saat menghirup dan menghembuskan napas. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi obat mengi agar cepat mereda.

Penyebab Mengi

Biasanya, suara mengi terdengar saat saluran napas tersumbat atau menyempit. Selain itu, pita suara yang menyempit juga bisa memicu mengi. Suara berubah tergantung pada bagian mana dari sistem pernapasan yang tersumbat atau menyempit.

Jika masalahnya ada pada sistem pernapasan bagian atas, suaranya mungkin serak atau lebih keras. Pada saat yang sama, jika sistem pernapasan bagian bawah terpengaruh, Anda akan mendengar desahan, lebih seperti peluit.

Lantas, apa penyebab terhambatnya saluran pernapas yang menyebabkan napas berbunyi? Umumnya, penyebab mengi berulang yang paling umum adalah sesak napas kronis, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit ini menyebabkan penyempitan otot dan kejang (spasme bronkial) di saluran udara kecil paru-paru.

Beberapa penyakit kronis lain yang dapat menyebabkan sesak napas dan mengi antara lain:

  • Empisema
  • Refluks asam (GERD)
  • Penyakit jantung
  • Penyakit paru-paru
  • Apnea tidur

Mengi juga bisa disebabkan oleh penyakit akut lainnya, termasuk:

  • Bronkitis
  • Radang paru-paru
  • Infeksi saluran pernpaasan
  • Reaksi yang disebabkan oleh merokok
  • Benda asing yang terhirup
  • Reaksi alergi

Untuk mengetahui penyebab mengi, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui frekuensi dan penyebabnya.

Faktor Resiko

Siapapun dari bayi hingga orang tua dapat mengalami mengi. Namun, tentunya ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko menyebabkan mengi pada seseorang. Kondisi ini biasanya ditemukan pada anak penderita asma. Selain itu, mengi juga sering terjadi pada bayi. Menurut Klinik Cleveland, sekitar 25-30% bayi mengalami mengi pada tahun pertama kehidupan.

Salah satu penyebab bayi sering mengalami kesulitan bernapas adalah karena saluran udara yang sempit. Selain itu, anak di bawah usia 2 tahun lebih mungkin mengalami bronkiolitis. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus pernapasan, sehingga anak Anda mungkin akan merasa sesak.

Pada usia dewasa, orang yang aktif merokok dan menderita penyakit kronis lebih mungkin mengalami mengi. Oleh sebab itu, untuk Anda perokok aktif, ada baiknya untuk berhneti merokok agar mengurangi resiko terkena mengi.

Cara Mengatasi Mengi

Umumnya, untuk mengetasi mengi menggunakan obat, tergantung dari faktorr penyebabnya. Apabila penyebab mengi adalah asma, Anda bisa menggunakan obat mengi seperti dibawah ini:

1. Bronkodilator

Bronkodilator merupakan obat yang biasa digunakan untuk melegakan saluran pernapasan, khususnya pada orang yang menderita asma. Saat asma kambuh, penderita akan mengalami penyempitan saluran pernapasan. Sehingga akan menyebabkan mengi dan sesak napas. Untuk bisa meredakan kondisi ini, Anda bisa meggunakan obat bronkodilator.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat dengan kandungan hormon steroid, hormon ini berfungsi untuk meredakan gejala inflamasi dan jua menekan kerja sistem imunitas yang berlebihan.

3. Kombinasi Inhaler dan Kortikosteroid

Obat mengi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala mengi adalah kombinasi daari inhaler dan juga kortikosteroid yang bisa melegakan saluran pernapasan dan meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

4. Obat pengontrol Asma

Obat yang terakhir yang bisa And pakai untuk mengatasi mengi yang disebabkan oleh asma adalah obat pengontrol asma. Obat ini bisa mengurangi gejala peradangan pada saluran pernapasan.

Seperti itulah penyebab dan obat mengi yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala mengi yang Anda derita. Dengan memakai obat pereda mengi, Anda bisa terbebas dari gejala mengi yang sangat mengganggu, khususnya pada saat Anda menghirup napas.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *