Categories
Tips

4 Penyebab Munculnya Stretch Mark

Guratan peregangan pada kulit biasanya disebut sebagai stretch mark. Stretch mark terjadi akibat adanya retakan pada kulit yang memiliki tumpukan lemak seperti pada bagian payudara, perut bagian atas, paha, pantat dan lengan bagian atas. Cara menghilangkan stretch mark memerlukan waktu yang tidak sedikit tergantung dari penanganan yang diberikan.

Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Stretch Mark

Stretch mark dapat terjadi baik kaum wanita maupun pria. Tetapi paling sering terjadi pada kaum wanita dikarenakan beberapa faktor. Stretch mark dapat terjadi akibat kurangnya kadar kolagen dalam kulit dan protein yang berfungsi melenturkan kulit. Kulit yang tidak lentur dapat menjadi pecah dan menimbulkan stretch mark. Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya stretch mark yang perlu anda ketahui.

1. Kehamilan Pada Wanita

Stretch mark akibat kehamilan sering terjadi dikarenakan berat badan yang bertambah cukup pesat. Wanita hamil biasanya mengalami stretch mark pada bagian perut, paha, dan pantat. Cara menghilangkan stretch mark akibat kehamilan adalah melakukan perawatan pada kulit setelah melahirkan. Stretch mark pada wanita hamil dikarenakan peregangan pada kulit dalam waktu yang relatif cepat sehingga lapisan kulit bagian tengah (dermis) menipis.

Ketika kulit bagian tengah menipis menyebabkan kulit di bagian bawah muncul ke permukaan yang menyebabkan adanya guratan pada kulit. Kondisi tersebut disebut sebagai stretch mark yang dapat dihilangkan dengan penanganan yang tepat.

2. Berat Badan Bertambah

Kenaikan berat badan yang signifikan dalam jangka waktu cepat mengakibatkan adanya penumpukan lemak dan pembesaran bagian tubuh tertentu. Pembesaran bagian tubuh inilah yang dapat membuat kulit meregang terlalu cepat hingga terjadi retakan dan memunculkan stretch mark. Kulit yang memiliki kolagen dan tingkat elastisitas rendah rentan terkena stretch mark akibat pembesaran anggota tubuh.

Untuk dapat mencegah terjadinya stretch mark anda perlu menjaga berat tubuh tetap stabil agar tidak menimbulkan perubahan pada bentuk tubuh. Namun beberapa orang yang memiliki berat badan berlebih tidak selalu memiliki stretch mark karena elastisitas kulit terjaga.

3. Riwayat Keluarga Atau Genetik

Stretch mark juga dapat muncul apabila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat stretch mark. Hal tersebut dikarenakan faktor genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak-anaknya. Cara menghilangkan stretch mark akibat faktor genetik adalah dengan melakukan pencegahan dengan memberikan asupan vitamin E yang cukup bagi kulit. Vitamin E membantu menjaga tingkat elastisitas kulit sehingga tidak mudah retak dan menyebabkan munculnya stretch mark.

4. Obat-Obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menjadi faktor pemicu terjadinya stretch mark. Obat-obatan seperti kortikosteroid yang umum digunakan sebagai krim untuk menangani eksim dapat memberikan efek samping seperti hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang mengurangi kadar elastisitas pada kulit sehingga dapat menyebabkan stretch mark.

Pencegahan Terhadap Stretch Mark

Stretch mark dapat dihilangkan namun membutuhkan banyak uang dan waktu yang panjang. Anda bisa melakukan pencegahan dini agar tidak terjadi stretch mark pada kulit. Cara mencegah terjadinya stretch mark adalah dengan menjaga berat badan dan merawat elastisitas pada kulit.

Stretch mark dapat mengganggu penampilan dan menurunkan percaya diri seseorang. Meskipun bagian tubuh yang umumnya terdapat stretch mark berada pada bagian tertutup namun tetap meresahkan. Cara menghilangkan stretch mark yang tepat adalah mengunjungi dokter kulit dan melakukan terapi perawatan pada kulit yang meregang.

Ingin tahu lebih banyak seputar kesehatan? Unduh aplikasi Jovee sekarang. Dapatkan rekomendasi suplemen dengan harga terbaik hanya di Jovee. Unduh melalui Playstore maupun Appstore sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *