Categories
Obat

5 Fungsi NaCl Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

fungsi nacl

Fungsi NaCl atau air garam bagi kesehatan tentu sudah tak asing lagi. Terlebih lagi bagi Anda yang sering sakit gigi. Rasa asin dari garam mampu mengobati sekaligus meredakan berbagai macam masalah kesehatan secara alami. Air garam memang mampu mengatasi berbagai penyakit dan bisa digunakan untuk perawatan kulit. Nah ini dia beberapa manfaat dari NaCl bagi kesehatan. 

1. Membantu Mengatasi Masalah Pada Gigi dan Mulut

Fungsi NaCl atau air garam yang sudah banyak diketahui orang adalah membantu mengatasi masalah pada gigi dan mulut. Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada gigi dan mulut. Mulai dari pendarahan, gigi tanggal, lidah tergigit, ataupun sakit gigi. Bahkan larutan air garam juga mampu membantu mengobati gusi berdarah. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan satu sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat. Aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur segera setelah makan. Namun jangan lupa untuk temui dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

2. Mengatasi Hidung Tersumbat dan Sinus

Manfaat lain dari larutan NaCl adalah mengatasi hidung tersumbat dan sinus. Pada dasarnya kondisi ini disebabkan karena alergi, flu, ataupun pilek. Anda hanya perlu membasuh hidung dengan menggunakan larutan NaCl. Cara ini efektif untuk membantu menjaga saluran hidung agar terbuka, mencegah penyebaran infeksi,  sinus, dan membuat hidung lebih nyaman. 

3. Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tentunya akan sangat mengganggu bukan? Kondisi yang satu ini umumnya disebabkan virus atau bakteri yang menyebabkan rasa sakit saat menelan. Ternyata larutan air garam juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan yang sedang dialami. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Anda bisa menggunakan cara yang satu ini sembari menjalankan pengobatan dari dokter untuk membantu proses pemulihan. Metode yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengobati amandel di rumah. 

4. Mengatasi Masalah Kutu Air

Kutu air merupakan infeksi jamur menular pada kaki yang bisa menyebar ke bagian kuku atau bahkan kan tangan. Selain bisa diobati dengan cara memeriksakan diri ke dokter, Anda juga bisa melakukan perawatan untuk infeksi jamur pada kaki ini sendiri di rumah. Caranya Anda hanya perlu merendam kaki ke dalam larutan air atau cuka encer untuk membantu mengeringkan lecet. 

5. Membersihkan Luka Pada Tindikan

Selalu menjaga kebersihan daerah tubuh yang ditindik memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih lagi Anda harus tetap menjaga bagian tersebut agar selalu kering dan tidak menimbulkan masalah. Ternyata Anda juga bisa memanfaatkan air garam untuk menjaga kebersihan pada luka tindikan ini. 

Caranya Anda hanya perlu melarutkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat. Bersihkan bagian yang ditindik kurang lebih 2 kali dalam sehari. Namun jangan membasuh luka tersebut secara berlebihan. Sebab hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan menunda proses penyembuhan. Jika tiba-tiba muncul reaksi alergi atau iritasi segera periksakan diri ke dokter. 

Itu dia beberapa fungsi NaCl atau air garam bagi tubuh. Selain bisa dijadikan bumbu dapur, ternyata garam juga mampu memberikan banyak khasiat untuk mengobati dan meredakan berbagai masalah kesehatan. Meski demikian perlu diingat jangan lakukan secara berlebihan ya. 

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan disini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *