Categories
Kesehatan Penyakit Tips

5 Makanan yang Dilarang Penderita Darah Tinggi, Wajib Dihindari

makanan yang dilarang penderita darah tinggi

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga saat ini masih menjadi momok menyakitkan bagi sebagian orang di dunia. Penyakit ini biasanya berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan atau diet yang tidak terjaga. Bagi Anda pemilik riwayat hipertensi, berikut merupakan beberapa makanan yang dilarang penderita darah tinggi.

1. Garam

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika garam merupakan penjahat yang mampu merusak diet penderita tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan jika orang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya membatasi asupan garam harian hanya berkisar 1.500 mg saja.

Hal ini disebabkan karena garam mampu meningkatkan tekanan darah pada tubuh seseorang. Jadi bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi ada baiknya kurangi konsumsi garam mulai sekarang.

2. Daging Olahan

Saat ini sudah ada banyak sekali makanan olahan dengan bahan dasar daging. Ternyata jenis makanan yang satu ini juga mengandung banyak garam yang mampu mengganggu program diet Anda. Pada umumnya daging semacam ini sering kali dibumbui dan diawetkan menggunakan kadar garam yang cukup tinggi.

Satu porsi daging olahan berukuran 2 ons biasanya mengandung sekitar 500 mg sodium atau bahkan lebih. Meskipun Anda hanya mengonsumsi seukuran telapak tangan daging olahan, namun kadar garam yang terkandung di dalamnya terbilang sangat tinggi dan tidak sesuai dengan kebutuhan harian.

3. Pizza

Sudah barang tentu jika semua jenis bisa seharusnya menjadi salah satu makanan pantangan darah tinggi yang wajib dihindari oleh penderita hipertensi. Selain beberapa makanan di atas, pizza juga merupakan makanan yang dilarang penderita darah tinggi.

Pasalnya dalam pizza terkandung banyak sekali asupan sodium. Mulai dari kombinasi daging yang diawetkan, keju, lapisan roti, saus tomat, dan berbagai bahan lainnya yang banyak mengandung natrium. Tak heran jika pizza beku sangat berbahaya dan termasuk ke dalam makanan pantangan dan berbahaya bagi penderita hipertensi.

Bahkan garam sering kali ditambahkan ke dalam pizza guna menambah cita rasanya. Pada umumnya satu porsi pizza keju mengandung lebih dari 700 mg sodium, bahkan kadang-kadang lebih. Semakin tebal ukuran pizza dan semakin banyak variasi toping-nya, maka kadar natrium yang terkandung di dalamnya juga semakin tinggi.

4. Makanan Kalengan

Metode pengemasan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang paling umum dilakukan. Bahan makanan yang diawetkan tentu membutuhkan garam. Garam sering kali digunakan sebagai pengawet karena mampu menghentikan pembusukan makanan dan membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Namun sayangnya garam juga bisa membuat makanan kaleng menyerap sodium dalam kadar yang tinggi. Semakin lama makanan itu disimpan maka semakin banyak pula natrium yang diserap. Pada umumnya satu porsi acar bisa mengandung sebanyak 390 mg garam.

5. Soto atau Sup

Cepat, praktis dan nikmat. Inilah alasan mengapa soto atau sup menjadi makanan pilihan banyak orang Indonesia. Namun Tahukah Anda jika soto atau sup umumnya ditambahkan dengan sodium dan MSG.

Jika makanan ini dikonsumsi terlalu banyak, maka hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama bagi penderita hipertensi. Bahkan ada beberapa jenis soto dan sup yang mengandung sodium hampir 900 mg setiap porsinya.

Itu dia beberapa makanan yang dilarang penderita darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi ada baiknya untuk mulai menghindari beberapa makanan di atas. Pasalnya beberapa jenis makanan di atas mampu memperburuk penyakit darah tinggi yang diderita. Selain itu jangan lupa rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan sayur.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *