Categories
Kesehatan Tips

5 Makanan yang Mengandung Glucosamine Baik untuk Kesehatan

Makanan yang Mengandung Glukosamin

Di dalam tubuh terdapat turunan amino dari glukosa yang disebut sebagai glucosamine yang dapat berperan untuk menjaga kesehatan persendian tulang. Namun seiring berjalannya waktu kandungan ini bisa menipis. Oleh karena itu Anda bisa memproduksinya melalui makanan. Berikut ini ada beberapa makanan yang mengandung glucosamine yang dapat membantu menjaga kesehatan persendian tulang Anda.

1. Oatmeal

Makanan yang bisa dijadikan sarapan ini mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh dari berbagai serangan benda asing seperti bakteri. Selain itu, makanan yang terbuat dari biji gandum utuh ini juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu melindungi sel persendian untuk meredakan nyeri sendi. Anda bisa menjadwalkan untuk memakan makanan ini sebagai pengganti menu sarapan dengan buah, kacang-kacangan ataupun yogurt.

2. Kunyit

Kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan di dalam kunyit terdapat kurkumin yang cara kerjanya mirip seperti ibuprofen yang juga berperan untuk meredakan nyeri. Kurkumin dalam kunyit ini dapat mengurangi beberapa gejala rematik, termasuk rasa sakit, kekakuan sendi di pagi hari hingga pembengkakan. Oleh karena itu, sebagai pencegahan dan pengobatan agar persendian dapat berfungsi dengan normal lagi Anda bisa mengonsumsi kunyit.

Adapun pengonsumsian kunyit bisa Anda makan langsung. Namun, bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi dalam keadaan mentah Anda bisa mengolahnya. Sedangkan cara mengolahnya bisa dijadikan minuman herbal hingga menjadi campuran bahan makanan. Misalnya menu makanan sayur asam ikan bandeng. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa risih saat memakannya mentah.

3. Bawang Putih

Makanan yang mengandung glucosamine lainnya adalah bawang putih. Bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah memiliki efek anti inflamasi yaitu membantu mengurangi gejala nyeri atau rasa sakit pada sendi. Tidak hanya itu saja, campuran wajib pada makanan yang memberikan rasa sedap ini juga dapat meenigkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh untuk memperkuat sistem imunitas.

Cara pengonsumsian bawang ini bisa Anda makan langsung. Namun, bila Anda tidak terlalu kuat dengan rasa dan aromanya saat dimakan mentah, Anda bisa mengolahnya. Misalnya seperti pada nasi goreng, sambal matah yang dominan dengan bawang putih dan merah, dan laiinya. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Kacang Kedelai

Pilihan menu lain yang bisa membantu kesehatan tubuh terutama kekuatan persendian adalah kacang kedelai. Kacang kedelai dipercaya rendah lemak dan kaya akan protein maupun serat. Selain itu, kacang kedelai juga bisa memberikan asupan gizi berupa omega 3 untuk membantu persendian. Apabila Anda ingin mengonsumsi kacang kedelai, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai macam cara. Baik itu menjadi minuman sari kedelai hingga menjadi tempe.

5. Kacang Almond

Kacang almond juga bisa menjadi pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan glucosamine. Pada kacang almond mengandung lemak tidak jenuh yang dapat melawan peradangan terutama pada persendian. Tidak hanya itu saja, kacang almond juga mengandung protein, serat, kalsium, magnesium, zincvitamin E, dan omega 3 yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah beberapa pilihan makanan yang mengandung glucosamine yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan selera dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya. Bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait seberapa banyak Anda harus mengonsumsinya.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *