Categories
Kesehatan Obat Tips

5 Manfaat Glucosamine Cegah Osteoporosis di Usia Muda

Tulang dan persendian memiliki peranan penting bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tulang dan persendian menjadi tumpuan saat Anda sedang beraktivitas. Cara menjaga kesehatan tulang dan persendian tersebut adalah menjaga pola asupan nutrisi. Bila perlu dengan mengonsumsi suplemen glucosamine. Berikut ini beberapa informasi mengenai manfaat dari suplemen tersebut.

1. Mengatasi Keluhan Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi di mana Anda bisa merasakan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pada persendian telah hancur. Akibatnya Anda akan merasakan gejala rasa sakit, kaku pada persendian hingga terasa berat saat Anda melakukan aktivitas. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti pinggul, lutut, persendian tangan, serta tulang belakang.

Apabila Anda mengonsumsi suplemen ini, gejala-gejala tersebut sedikit demi sedikit bisa menghilang. Hal ini dikarenakan glucosamine memiliki peranan yang dapat membangun proteoglikan dan memberikan efek elastik pada sendi. Anda pun bisa bebas aktif untuk bergerak. Pengonsumsian suplemen ini bisa Anda konsultasikan dengan tenaga medis atau dokter. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu yang juga mengosumsi oat setiap harinya.

2. Mengatasi Keluhan Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyerang pada setiap sendi. Apabila tidak segera ditangani, Rheumatoid Arthritis dapat menyerang dan memengaruhi organ lain, seperti mata, hati, atau paru-paru. Akibat dari penyakit ini Anda bisa mengalami rasa nyeri, bengkak, kaku, hingga kehilangan fungsi kerjanya. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen ini agar meingankan dari penyakit ini. Bila perlu konsultasikan dengan dokter.

3. Menurunkan Rasa Nyeri Punggung Bawah

Nyeri yang terjadi pada punggung bawah dapat menyebabkan semua tubuh terasa kaku. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor. Misalnya terlalu lama duduk dan tidak mengubah posisi. Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda bisa mengonsumsi suplemen ini.  Suplemen ini dipercaya mampu mengatasi atau setidaknya menurunkan rasa nyeri pada punggung bagian bawah.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D apabila dalam jumlah yang ideal. Selain itu kolesterol juga berperan dalam pembentukan berbagai hormon dalam tubuh sekaligus melindungi sel yang merupakan penyusun tubuh. Sekalipun kolesterol memiliki manfaat yang baik, namun kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh sangat tidak disarankan karena dapat memicu timbulnya penyakit lain.

Oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung glucosamine. Suplemen ini dipercaya dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Selain itu suplemen ini juga dapat membantu meningkatkan kandungan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

5. Perbaikan Tulang Patah

Para peneliti dari Departemen Ortopedik dan Traumatologi dari Rumah Sakit Haseki Training dan Riset Turki menyatakan bahwa pemberian suplemen yang mengandung glucosamine dapat  mempercepat perbaikan tulang.

Para peneliti melakukan penelitian dengan melibatkan sampel berupa 61 tikus betina yang mengalami patah tulang. Sekalipun penelitian ini berhasil dengan adanya jumlah tulang terbentuk yang diberikan glucosamine, namun pemberian suplemen ini tidak disarankan  saat tulang telah mencapai tahap akhir.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat glucosamine yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen ini, ikuti aturan pemakaian yang ada pada label atau kemasan. Anda juga bisa mengonsultasikannya dengan dokter terkait dosis pemakaiannya. Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, perhatikan juga efek sampingnya.

Personalisasikan kebutuhan suplemen dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *