Categories
Tips

5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Secara Teratur

Sistem kekebalan tubuh dapat diperoleh salah satunya dengan menjaga berolahraga secara teratur. Tidak hanya menjaga kesehatan raga, olahraga juga dapat menjaga kesehatan jiwa. Oleh karena itu simak terus mengenai manfaat olahraga secara teratur yang bisa Anda terapkan setiap hari.

1. Mencegah Stres

Bagi Anda yang melakukan hal secara berulang dan konsisten, hal ini dapat menimbulkan stres atau beban pikiran. Misalnya saja bagi Anda yang bekerja di kantor. Banyaknya pekerjaan, tenggat waktu yang selalu mengejar, belum lagi tekanan dari teman maupun dari atasan, tentu hal ini menjadi beban tersendiri. Bila hal ini Anda biarkan, lambat laun Anda akan sering mengalai perubahan mood dan stres yang tidak hilang-hilang.

Oleh karena itu salah satu cara untuk menghilangkan tekanan dalam pikiran tersebut adalah dengan berolahraga. Pada saat olahraga, tubuh akan memproduksi hormon serotonin yang lebih daripada biasanya. Adanya hormon serotonin ini memberikan efek lebih bahagia dan dapat mengembalikan mood dalam tubuh.

2. Meningkatkan Energi

Selain dapat menghilangkan stres dan mengembalikan mood, berolahraga terutama yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan energi. Apabila sebelumnya Anda sering merasakan kelelahan bahkan seringkali tubuh terasa lemas, dengan berolahraga dapat mengembalikan stamina. Awalnya memang terasa berat, namun seiring berjalannya waktu tubuh akan terbiasa bahkan merasa candu.

Hal ini dikarenakan pada awal tubuh masih menyesuaikan dengan hal atau aktivitas baru. Namun, seiring dengan berjalannya waktu tubuh mulai terbiasa dan penambahan energi pun semakin lebih daripada biasanya. Hari-hari Anda bisa terasa semangat tanpa harus merasakan kelalahan maupun letih.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat olahraga secara teratur lainnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Hal ini cocok bagi Anda yang mengalami dengan jam tidur. Baik itu tidak bisa tidur atau insomnia, maupun yang selalu terkendala tidur hanya 1 sampai 3 jam saja.

Pada umumnya jam tidur yang dibutuhkan adalah minimal 7 jam dengan begitu tubuh akan terasa bugar saat sudah bangun. Melakukan aktivitas pada hari berikutnya juga bisa menjadi maksimal.

4. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Bagi Anda yang selalu bekerja di kantoran terutama yang hanya duduk, cenderung mengalami kenaikan berat badan sedangkan asupan gizi terus Anda konsumsi tanpa ada pembakaran dalam tubuh.

Hal ini lebih cepat menyebabkan berat badan cepat naik. Sedangkan idealnya tubuh memerlukan pembakaran agar metabolism tetap jaga. Apabila Anda menjaga olahraga secara teratur, tentu berat badan ini bisa terjaga kestabilannya.

5. Menghindarkan dari Berbagai Macam Penyakit

Pada saat tubuh melakukan olahraga teratur, secara otomatis tubuh akan memproduksi berbagai hormon yang dapat memicu ketahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Bagi Anda yang berolahraga di bawah sinar matahari pagi, tentu hal ini juga menjadi nilai positif bagi tubuh.

Pasalnya sinar matahari pagi dapat memberikan manfaat terutama berupa vitamin D yang dapat menghindarkan dari penyakit. Misalnya saja Anda mengalami gejala hidung tersumbat bahkan telinga gatal sekalipun, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari pagi untuk menghilangkannya.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat olahraga secara teratur yang bisa Anda lakukan setiap hari. Sekalipun hanya dengan gerakan kecil dan dilakukan hanya beberapa menit jangan lupa untuk melakukannya dengan benar. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir adanya cedera terutama yang biasa terjadi pada bagian otot.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *