Categories
Obat

5 Obat Hipertensi Terbaik dan Efek Sampingnya

Obat Hipertensi Terbaik

Hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya bagi tubuh dan dapat mengancam nyawa. Untuk mengobati hipertensi, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Berikut daftar obat hipertensi terbaikyang bisa Anda konsumsi dengan aman.

1. Calcium Channel Blocker (CCB)

Kalsium merupakan mineral yang berperan untuk meningkatkan kekuatan otot jantung dan pembuluh darah. Jenis obat tekanan darah CCB ini bekerja dengan cara menghambat jalan masuk kalsium ke dalam dinding pembuluh darah dan otot jantung. Hal ini membuat sel-sel jantung dan pembuluh darah otot mengendur dan rileks sehingga membuat tekanan darah menurun.

Biasanya obat ini akan diberikan bersamaan dengan beta blocker. Obat-obatan yang masuk ke dalam jenis CCB adalah amlodipine, nicardipine, diltiazem, nifedipin dan verapamil. Obat CCB menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit kepala, kaki bengkak, dada berdebar dan sembelit.

2. Alpha Blocker

Alpha blocker adalah obat tekanan darah tinggi yang bekerja dengan cara menghambat kerja hormon norepinefrin yang mengakibatkan penyempitan aliran darah dan membuat otot mengalami kontraksi. Obat ini akan membuat otot pembuluh darah menjadi rileks, sehingga tekanan darah tinggi akan menurun.

Jenis obat alpha blocker biasanya bukan merupakan pilihan obat tekanan darah tinggi yang utama. Biasanya obat ini diberikan pada penderita hipertensi yang juga memiliki kondisi medis lain seperti pembesaran prostat dan penyakit arteri perifer.

Jenis obat yang masuk ke dalam golongan alpha blocker adalah prazosin, tamsulosin dan terazosin. Obat ini memiliki efek samping seperti pusing dan penurunan tekanan darah saat posisi tubuh berubah.

3. Angiotensin-converting enzyme inhibitor (ACE inhibitor)

Obat hipertensi satu ini bekerja dengan cara menghambat produksi hormon angiotensin yaitu hormon yang dapat membuat pembuluh darah menyempit. ACE inhibitor membuat otot dinding pembuluh darah menjadi lebih rileks dan sedikit melebar. Hal ini tentu saja akan membuat tekanan pada pembuluh darah berkurang.

Obat hipertensi terbaikini biasanya diberikan pada pasien usia diatas 65 tahun atau pasien hipertensi dengan kondisi medis lain seperti jantung dan diabetes. Obat yang masuk ke dalam golongan ACE inhibitor adalah captopril. enalapril, lisinopril. perindopril, dan ramipril.

Obat hipertensi ini juga memiliki efek samping seperti sakit kepala, pusing, hiperkalemia, batuk kering dan ruam kulit. Selain itu, obat ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Diuretik

Jenis obat diuretik bekerja dengan cara membuang kelebihan air dan natrium dalam tubuh. Hal ini membuat jumlah cairan dan garam yang mengalir dalam pembuluh darah menurun dan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Obat yang masuk ke dalam jenis diuretik adalah furosemide, torsemide spironolactone dan hydrochlorothiazide. Adapun efek samping obat ini adalah pusing, sering merasa haus, lebih sering buang air kecil, dehidrasi dan kram otot.

5. Nitrat

Obat hipertensi satu ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung akan meningkat dan jantung akan memompa darah lebih kuat. Obat ini biasanya diresepkan jika obat beta blocker dan CCB tidak bekerja dengan optimal atau pada penderita hipertensi yang mengalami serangan jantung.

Obat-obatan yang masuk ke dalam jenis nitrat antara lain isosorbide dinitrate. isosorbide mononitrate. dan glyceryl trinitrate. Adapun efek samping yang mungkin muncul jika mengonsumsi obat ini adalah pusing, wajah kemerahan, hipotensi, mual dan rasa tidak nyaman di mulut.

Sebelum Anda mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, pastikan Anda memilih jenis dan dosis obat hipertensi terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis obat yang cocok dan aman digunakan oleh Anda. Sebaiknya, Anda juga rajin memeriksakan tekanan darah tinggi secara rutin.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Download aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *