Categories
Uncategorized

5 Penyebab Gigi Berlubang Nyeri Berdenyut yang Sering Dianggap Remeh

Gigi Berlubang Nyeri Berdenyut

Gigi berlubang adalah tanda gigi tidak sehat. Biasanya gigi mengalami kerusakan di bagian luar dan di bagian dalam, hingga membentuk lubang. Masalah ini bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Namun, penyebab gigi berlubang nyeri berdenyut sering kali diabaikan dan dianggap remeh. Maka dari itu, yuk kita bahas satu persatu apa penyebab gigi berlubang.

Jarang Menyikat Gigi

Gigi dan mulut yang kotor menjadi penyebab utama munculnya plak. Tak hanya muncul di permukaan gigi, plak juga bisa terbentuk di sela-sela gigi dan di bawah garis gusi. Apabila Anda tidak rajin menggosok gigi, maka setiap hari plak akan terus terbentuk. Hal ini mengakibatkan risiko gigi berlubang.

Maka dari itu, sangat penting untuk merawat kebersihan mulut dan gigi setiap hari. Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari, pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Dalam menyikat gigi sebaiknya Anda melakukan dengan teknik menyikat gigi yang benar dan secara perlahan serta lembut. Menggosok gigi terlalu kencang akan merusak lapisan enamel gigi.

Kekurangan Fluoride

Fluoride merupakan mineral yang terbentuk secara alami dan berfungsi untuk membantu mencegah gigi berlubang dan mengatasi gigi berlubang. Biasanya fluoride ada pada banyak produk perawatan mulut. Fluoride  juga berfungsi untuk membantu remineralisasi email gigi yang dapat mencegah gigi berlubang.

Pada saat bakteri yang ada di mulut memecah gula dan karbohidrat, bakteri ini akan menghasilkan asam yang menggerogoti mineral dama email gigi. Hal ini disebut dengan demineralisasi, sehingga enamel gigi yang sudah lemah akan membuat gigi rentan terhadap bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang manis memang nikmat dan menggoda. Tapi, tahukah bahwa makanan dan minuman manis menjadi salah satu penyebab gigi berlubang? Ini karena makanan dan minuman manis adalah makanan lezat bagi bakteri yang ada di dalam mulut.

Bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut ini akan menggerogoti sisa-sisa gula yang menempel pada permukaan gigi kemudian akan menghasilkan asam. Asam inilah yang akan bercampur dengan air liur kemudian akan membentuk plak di permukaan gigi. Jika plak dibiarkan menumpuk, maka akan mengikis lapisan enamel gigi dan menyebabkan lubang.

Lubang gigi yang awalnya kecil dapat melebar ke lapisan dalam gigi bahkan hingga ke pulpa/ Apabila lubang gigi sudah mencapai bagian ini, maka Anda akan merasakan gigi berlubang nyeri berdenyut.  Maka dari itu, Anda perlu membatasi frekuensi dan asupan makanan manis setiap hari. Pastikan Anda juga rajin membersihkan gigi dan mulut.

Letak Gigi

Penyebab gigi berlubang yang sering tidak disadari adalah letak gigi. Biasanya ini terjadi pada gigi bagian belakang yaitu geraham dan premolar. Penyebabnya karena gigi belakang memiliki banyak alur dan celah  sehingga membuat sisa makanan tersangkut di sana dan cenderung sulit dibersihkan oleh sikat gigi.

Maka dari itu, Anda harus rajin mengontrol gigi ke dokter gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi. Pembersihan gigi dengan metode scaling dianjurkan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Scaling gigi merupakan cara yang efektif untuk membersihkan plak gigi hingga ke bagian yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Mulut Kering

Mulut kering disebabkan oleh produksi air liur yang sedikit. Padahal, fungsi air liur adalah untuk menjaga kelembapan mulut dan juga membersihkan sisa-sisa makanan dan plak dari gigi. Senyawa yang terdapat dalam air liur juga berfungsi untuk membantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri. Maka dari itu, mulut kering dapat meningkatkan risiko masalah mulut.

Itulah 5 penyebab gigi berlubang sakit berdenyut. Lakukan pencegahan gigi berlubang dengan rajin merawat kesehatan gigi dengan membiasakan gosok gigi 2 kali sehari dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *