Categories
Penyakit

5 Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit yang Harus Diwaspadai

Perut Sebelah Kiri Sakit

Perut sebelah kiri terdapat berbagai macam organ. Apabila Anda mengalami kesakitan pada perut sebelah kiri, Anda harus waspada. Jika Anda mengalami perut sebelah kiri sakit, Anda harus mengetahui tepatnya Anda merasa sakit pada bagian sebelah mana. Hal ini dikarenakan perut sebelah kiri dibedakan menjadi perut kiri bagian atas maupun perut kiri bagian bawah. Simak informasi berikut ini mengenai penyebab perut kiri sakit.

1. Penyakit Ginjal

Apabila Anda sering merasakan perut sakit, Anda harus waspada bila itu adalah penyakit ginjal. Penyakit ginjal itu bisa berupa infeksi ginjal maupun batu ginjal. Adapun infeksi ginjal dapat diketahui dari berbagai macam gejala. Misalnya ada darah atau nanah dalam urine, bau urine yang tidak seperti biasanya, sakit pinggang atau nyeri punggung bawah, demam, menggigil, lemas, tidak nafsu makan, mual dan muntah yang disertai dengan diare.

Selain infeksi ginjal, perut kiri sakit juga bisa mengindikasi adanya batu ginjal. Penyakit batu ginjal biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti sering buang air kecil, mengalami nyeri atau sakit pada saat membuang air kecil, sensasi panas saat kencing, jumlah urine yang keluar sedikit, bahkan urine tidak keluar sama sekali saat Anda kencing. Apabila Anda mengalami gejala semua ini, segera konsultasikan dengan dokter terkait kondisi tubuh Anda.

2. Gastritis 

Gastritis merupakan nama lain dari penyakit radang yang menyerang dinding lambung. Hal ini dikarenakan lendir atau mukus yang melapisi lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan hingga menimbulkan rasa sakit pada lapisan lambung. Kondisi seperti ini umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka bakteri yang berpengaruh biasanya adalah Helicobacter Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung. Selain itu bisa disebabkan pertambahan usia, terlalu sering mengonsumsi alkohol, terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri bahkan autoimun.

Adapun gejalanya adalah nyeri yang terasa panas dan perih di perut bagian ulu hati. Selain itu Anda juga bisa merasakan perut kembung, sering mengalami cegukan, mual muntah, hilang nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan, buang air besar dengan tinja berwarna hitam bahkan bisa muntah darah.

3. Ovulasi

Salah satu penyebab perut sebelah kiri sakit yang lainnya adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang sering dialami oleh wanita ini menimbulkan gejala rasa sakit atau kram pada bagian tersebut. Kondisi yang juga disebut sebagai masa subur ini kerap kali juga menimbulkan gejala lain seperti rasa mual, pegal-peegal, hingga keputihan.

4. Radang Usus Besar

Perut sakit juga bisa disebabkan adanya penyakit radang usus besar. Penyakit ini bisa disebabkan adanya luka atau iritasi pada saluran pencernaan hingga menyebabkan radang. Adapun gejala umum yang dapat timbul nyeri perut atau kram perut, perut terasa kembung, diare, selera makan berkurang, kelelahan, berat badan yang menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau berlendir.

Biasanya rasa sakit atau nyeri ini perlahan akan menghilang. Namun, apabila Anda mengalami gejala lain yang tidak hilang dalam beberapa hari, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter.

5. Radang Pankreas

Penyebab lain perut sering terasa sakit bisa menandakan Anda mengalami radang pankreas. Radang pankreas merupakan radang yang terjadi pada organ pankreas. Biasanya peradangan ini terjadi secara tiba-tiba.

Pada umumnya penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. Adapun gejala lainnya adalah diare, demam, perut sakit saat disentuh, hingga mual dan muntah bahkan jantung berdetak lebih cepat dari keadaan normal.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab perut sebelah kiri sakit yang harus Anda waspadai. Anda bisa melakukan pemeriksaan dini terhadap tubuh dengan melihat gejala-gejala yang ditimbulkan. Apabila gejala-gejala tersebut mengarah pada suatu penyakit tertentu segera konsultasikan dengan dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *