Categories
Kesehatan

5 Peran Hormon Dopamin pada Tubuh

Hormon Dopamin

Dopamin merupakan suatu zat yang terdapat pada otak dan memiliki peran penting untuk menjaga kondisi tubuh. Aktivitas yang menyenangkan tersebut contohnya adalah mengonsumsi makanan enak, melakukan aktivitas seksual dan sebagainya. Hormon ini memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh, berikut adalah peran hormon dopamin untuk tubuh.

1. Sebagai Kontrol Fungsi Motorik

Pertama, hormon dopamin memiliki fungsi untuk mengontrol fungsi motorik. Hormon ini memiliki peran pada jalur nigrostriatal. Salah satu akibat fatal jika kekurangan dopamin adalah akan muncul gangguan motoric, seperti penyakit Parkinson yang juga tidak jarang dijangkit oleh beberapa orang.

Dopamin berperan aktif dalam mempelajari keterampilan motorik baru. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Anak akan menjadi lebih aktif dan bisa mengekspresikan dirinya. Sehingga, sangat penting sekali untuk selalu memberikan asupan dopamine untuk anak.

2. Meningkatkan Kinerja Memori

Fungsi dopamine yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kinerja memori atau ingatan. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika dalam sebuah keadaan dan dopamin hadir disana, maka Anda akan sangat susah sekali melupakan peristiwa tersebut. Jika tidak ada, maka yang terjadi adalah sebaliknya, mungkin Anda hanya akan mengingatkan beberapa hari saja.

Oleh karenanya, pada masa sekolah, kehadiran dopamin tentu sangat dibutuhkan. Tujuannya adalh agar semua pembelajaran bisa ditangkap dan disimpan dengan baik di memori. Namun, hal ini cenderung susah, karena untuk memunculkan dopamine Anda harus dalam kondisi yang bersemangat dan termotivasi.

3. Membantu Tetap Fokus

Peran hormon dopamin selanjutnya adalah untuk membantu seseorang tetap fokus dalam melakukan sesuatu. Hal ini tentu sangat penting, apalagi saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan tingkat fokus tinggi, seperti editing atau mendesain sesuatu. Oleh karenanya Anda harus selalu menjaga agar tangka dopamine dalam tubuh tidak sampai rendah.

Cara kerja hormone dopamine pada point adalah dengan memberikan respon terhadap saraf optic atau penglihatan, sehingga seseorang bisa tetap fokus dalam melakukan sesuatu. Ketika jumlah dopamine rendah, hal yang bisa terjadi adalah ADD atau Attention Deficit Disorder. Ini merupakan salah satu gangguan pemusatan perhatian, sehingga seseorang akan susah fokus.

4. Mengatur Perasaan Seseorang

Ketika seseorang mendapatkan suntikan dopamine, maka yang terjadi adalah ia akan merasa bahagia dan senang. Ini merupakan salah satu peran lain dari hormon dopamine. Hal tersebut bisa terjadi karena, ketika seseorang merasa senang atau bahagia maka neurotransmitter akan dilepaskan.

Beberapa contoh aktivitas yang mungkin membuat seseorang dalam kondisi semacam ini adalah ketika makan atau saat berhubungan seksual. Kedua aktivitas tersebut akan merangsang lepasnya dopamine, dan akan mengubah perasaan seseorang menjadi lebih bahagia. Hal ini tentu akan membuat seseorang menjadi kecanduan terhadap aktivitas-aktivitas semacam itu.

5. Meningkatkan Mood

Hal ini berhubungan dengan point sebelumnya, saat hormon dopamine terlepas dalam tubuh seseorang akan merasa bahagia, dan secara otomatis hal ini akan membuat seseorang memiliki mood yang baik. Jadi, jika Anda sedang tidak dalam mood yang baik, carilah aktivitas yang menghibur agar bisa kembali dalam kondisi yang baik.

Itulah tadi beberapa peran hormon dopamin untuk tubuh. Ternyata dopamin memiliki peran yang penting bukan. Cara untuk meningkatkan kadar dopamine juga sangat mudah, Anda hanya tinggal mencari sesuatu yang membuat perasaan menjadi lebih senang dan bahagia, entah dengan berlibur atau sekedar makan makanan favorit.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *