Categories
Kesehatan Tips

5 Rahasia Manfaat Jintan Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu tanaman herbal yang punya segudang manfaat bagi kesehatan adalah jintan hitam. Tanaman yang punya warna hitam pekat ini memiliki sejumlah manfaat. Terutama manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jintan hitam yang sangat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari jintan hitam adalah memperkuat imun tubuh. Jintan hitam ini punya banyak zat yang mampu menangkal virus dan bakteri jahat dalam tubuh. Dengan dosis yang tepat, jintan hitam bisa jadi asupan sehari-hari untuk menangkal segala macam penyakit. Sehingga, tubuh selalu dalam kondisi prima saat aktivitas sehari-hari.

Apalagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini, Anda harus selalu menjaga kondisi tubuh tetap prima. Dengan begitu Anda akan terhindar dari virus yang sangat membahayakan tubuh. Namun tetap, Anda juga harus menerapkan protokol kesehatan agar lebih aman, seperti mengenakan masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

2. Meningkatkan Fungsi Otak Manusia

Selain memperkuat imun, manfaat jintan hitam ternyata juga bisa meningkatkan fungsi otak manusia. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang ada pada jintan hitam adalah asupan penting bagi kesehatan otak. Jadi, jintan hitam ini berguna untuk menambah daya ingat hingga mencerdaskan otak.

3. Penurun Kolesterol

Bagi seseorang yang sedang bermasalah dengan kolesterol, jintan hitam bisa jadi jawabannya. Menurut beberapa penilitian yang menyimpulkan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah manusia. Jadi, uat Anda yang bermasalh dengan kolesterol, konsumsi jintan hitam bisa jadi obat alternatif.

4. Pencegah Kanker

Sebagai tanaman herbal yang mengandung antioksidan tinggi, jintan hitam juga dipercaya mampu untuk mencegah penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan adanya efek penggunaan jintan hitam terhadap sel tumor dan kanker. Dengan pemakaian dan konsumsi yang tepat, penyakit kanker bisa dicegah.

5. Mengobati Masalah Pernafasan

Sejumlah masalah pernafasan juga bisa diobati dengan jintan hitam. Contohnya adalah penyakit asma. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pengobatan asma yang dibarengi dengan konsumsi jintan hitam menunjukkan berkurangnya frekuensi batuk. Jadi, Anda bisa membuat ramuan herbal dengan tanaman ini agar terhindar dari masalah pernafasan.

6. Menghilangkan jerawat

Minyak jintan hitam memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengobati jerawat. Selain itu, manfaat jinten hitam juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan minyak jintan hitam dengan satu sendok teh yoghurt, lalu oleskan pada wajah sebagai masker yang menenangkan.

7. Menyehatkan Rambut

Manfaat jinten hitam dapat membantu untuk memperkuat rambut serta mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini adalah bahan yang sempurna untuk menjaga rambut tetap sehat. Anda akan memiliki rambut yang lebat dan juga terawat, sehingga akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Selain itu, menerapkan minyak jintan hitam ternyata juga dapat membantu mempertahankan kondisi rambut tetap sehat dan lembap. Minyak ini akan menyerap ke dalam sel-sel rambut yang membuatnya menjadi ekstra lembut dan halus.  Anda bisa melakukannya setiap minggu, atau beberapa kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah tadi beberapa manfaat jintan hitam yang penting untuk Anda ketahui. Anda bisa mencari jintan di pasar-pasar terdekat karena disana pasti akan menyediakannya. Membuat ramuan herbal semacam ini tentu akan lebih baik, dibanding dengan mengenakan obat-obat kimia yang pasti akan menimbulkan efek samping.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *