Categories
Obat

5 Rekomendasi Obat yang Mengandung Pioglitazone

Pioglitazone

Diabetes adalah penyakit dengan kondisi tubuh yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Apabila tidak segera ditangani, penyakit ini dapat memicu timbulnya penyakit lain. Oleh karena itu, apabila Anda sedang mengalami kondisi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa memilih obat yang tepat yang mengandung pioglitazone. Berikut ini beberapa pilihan obat yang bisa Anda pilih.

1. Gliabetes Tab 30 mg

Gliabetes adalah salah satu obat anti diabetes yang mengandung pioglitazone. Obat ini digunakan untuk terapi pada Anda yang mengalami diabetes melitus yang tidak berhasil diatasi dengan monoterapi. Apabila Anda ingin mengonsumsi obat ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun, pada umumnya penggunaan obat ini sebanyak 15 sampai 30mg per hari dan dikonsumsi sesudah makan.

Bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda memberitahu kepada dokter. Terutama bagi Anda yang sedang hamil, menyusui, mengalami gagal jantung, maupun yang mengalami retensi cairan. Pasalnya, penggunaan obat ini juga memiliki efek samping. Yaitu berupa anemia, gangguan daya penglihatan, glukosuria, hipoglikemia, sakit kepala, artralgia, peningkatan berat badan dan peningkatan dehidrogenase laktat.

2. Pionix Tab 30 mg

Obat antidiabetes ini juga termasuk obat anti diabetes dan juga digunakan untuk terapi diabetes melitus tipe 2. Apabila Anda ingin memutuskan untuk mengonsumsi obat ini, ada baiknya Anda menggunakan dosis 15 atau 30 mg setiap hari. Namun, bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jangan lupa untuk mengonsumsinya setelah makan.

Hentikan pemakaian atau Anda bisa memberitahukan ke dokter apabila Anda mengalami efek samping. Misalnya sakit kepala, peningkatan nafsu makan hingga menyebabkan peningkatan berat badan, gangguan daya penglihatan, anemia, hipoestesia; hipoglikemia, disfungsi ereksi.

3. Prabetic Tab 15mg

Obat yang mengandung pioglitazone lainnya adalah Prabetic yang berbentuk tablet. Prabetic juga adalah obat anti diabetes yang digunakan sebagai terapi kombinasi dengan metformin untuk memperbaiki kontrol glikemik bagi Anda yang mengalami kondisi diabetes melitus tipe 2. Obat ini juga dapat dikonsumsi kepada Anda yang sedang menjalani program diet dan olahraga sebagai terapi.

Namun sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya Anda mengkonsultasikan dengan dokter. Pada umumnya penggunaan obat ini pada orang dewasa adalah 1 tablet dengan ukuran 15 sampai 30 mg. Bisa juga dosisnya ditingkatkan atau sesuai dengan anjuran dokter. Segera pergi ke dokter apabila dalam penggunaannya Anda mengalami efek samping yang tidak bisa hilang dalam beberapa hari.

4. Deculin Tab 15 mg

Pilihan obat lainnya yang bisa Anda pilih adalah Deculin tablet. Obat ini adalah obat anti diabetes yang termasuk golongan thiazolidinedione. Adapun cara kerja obat ini adalah dengan mengembalikan respon tubuh yang normal terhadap insulin sehingga dapat menurunkan gula darah.

Namun penggunaan obat ini kontraindikasi dengan Anda yang mengalami kondisi medis seperti gagal jantung atau riwayat gagal jantung, gangguan hati sedang sampai berat, kanker kandung kemih atau riwayat kanker kandung kemih, terapi kombinasi dengan insulin.

Pada umumnya penggunaan obat ini adalah 1 tablet per hari dengan dosis awal 15 sampai 30 mg. Namun, dosis ini bisa bertambah sesuai dengan kondisi Anda atau sesuai anjuran dokter yang bisa dikonsumsi sesudah makan. Segera adukan ke dokter apabila Anda mengalami efek samping yang berkepanjangan.

5. Actosmet Tab

Selanjutnya ada obat Actosmet tablet yang digunakan untuk memperbaiki kontrol glikemik pada orang dewasa yang mengalami diabetes melitus tipe 2. Bagi Anda yang telah diterapi dengan tiazolidindion dan metformin, atau dengan kontrol glikemik yang tidak adekuat setelah diberikan terapi tiazolidindion saja atau metformin saja, Anda bisa menggunakan obat ini sebagai pengobatan untuk meredakan penyakit diabetes.

Obat yang mengandung pioglitazone 15 mg ini, dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet dalam 1 atau 2 kali per hari dan maksimal 3 tablet per hari. Namun, dosis ini bisa ditambah atau dikurangi tergantung kondisi Anda atau sesuai anjuran dokter. Segera pergi ke dokter apabila Anda mengalami infeksi saluran napas atas, diare, kombinasi edema/edema perifer, sakit kepala, mialgia, gangguan pada gigi, perburukan pada diabetes dan faringitis.

Demikianlah beberapa rekomendasi obat diabetes yang mengandung pioglitazone. Pada umumnya penggunaan obat yang mengandung bahan ini memiliki dosis antara 15 sampai 30. Namun, dosis bisa berubah sesuai dengan kondisi Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan dengan dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *