Categories
Tips

6 Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi dalam Darah

Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi

Jika dibandingkan dengan kolesterol, kadar trigliserida dalam darah sangat jarang diperhatikan. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang terkandung dalam darah. Apabila kadar trigliserida terlalu tinggi akan menyebabkan resiko penyakit kronis, seperti jantung koroner dan juga stroke. Oleh sebab itu, berikut ini cara menurunkan trigliserida tinggi dalam darah.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Salah satu cara mudah untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Sudah menjadi teori standar untuk menghilangkan semua lemak di tubuh Anda, termasuk trigliserida, Anda perlu berolahraga secara aktif. Namun bukan berarti Anda harus pergi ke gym setiap harinya.

Anda bisa mulai dengan olahraga yang sederhana dan sangat mudah dilakukan, seperti jogging, berenang, atau jalan santai. Akan lebih baik jika melakukan ini selama 30 menit secara rutin untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam darah. Dengan begitu, Anda juga bisa mencegah berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh menumpuknya kadar trigliserida dalam darah.

2. Konsumsi Makanan yang Rendah Karbohidrat

Selain melakukan aktivitas fisik, cara menurunkan trigliserida tinggi dalam darah adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang rendah. Sama halnya dengan gula, karbohidrat yang menumpuk dalam darah akan menyebabkan kadar trigliserida pada darah akan semakin tinggi.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, akan membuat kadar trigliserida dalam darah menurun dengan sangat cepat. Untuk memulai menerapkan cara ini, Anda bisa mengganti nasi yang Anda konsumsi dengan nasi yang berasal dari jagung.

3. Makanan dengan Serat yang Tinggi

Selain mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, ada baiknya juga mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi. Hal tersebut disebabkan, makanan yang kaya akan serat dipercaya bisa menurunkan serapan lemak dan gula usus kecil. Sumber makanan yang kaya akan serat diantaranya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak tak Jenuh

Selain gula, kadar trigliserida yang tinggi juga disebabkan oleh lemak tidak sehat seperti lemak jenuh. Usahakan untuk menguranginya. Selain itu, kurangi konsumsi lemak jenuh  pada daging dan produk susu, serta hindari makanan olahan yang diolah dengan minyak terhidrogenasi parsial yang juga mengandung lemak trans.

Daripada mengkonsumsi jenis lemak yang disebutkan diatas, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda direkomendasikan untuk dikonsumsi, yang telah terbukti bisa menurunkan trigliserida. Sumber lemak tak jenuh yang bisa Anda konsumsi termasuk alpukat, minyak zaitun, dan masih banyak lagi.

5. Atur Pola Makan

Mengkonsumsi makanan dengan berlebihan sudah pasti tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Sebab, hal tersebut akan menyebabkan penumpukan kalori pada tubuh, dan nantinya akan menjadi lemak, apabila tidak diimbangi dengan olahraga. Sehingga penumpukan kalori tidak akan terjadi dalam tubuh Anda.

6. Lakukan Pengobatan

Jika kadar trigliserida dalam darah Anda sangat tinggi, lebih dari 500 mg/dcl, dokter biasanya akan memberi Anda obat untuk membantu mengontrol kadar trigliserida dalam darah. Sebab, hanya dengan melakukan gaya hidup sehat dan melakukan olahraga saja tidak cukup untuk menurunkannya.

Beberapa jenis obat yang diberikan kepada orang yang memiliki kadar trigliserida sangat tinggi. Diantaranya adalah obat yang mengandung vitamin B3 atau niasin dan juga asam lemak omega-3 yang biasanya sering dijumpai pada suplemen minyak ikan. Dengan mengkonsumsi obat maupun suplemen tersebut, kadar trigliserida dalam darah akan menurun dengan efektif.

Seperti itulah 6 cara menurunkan trigliserida tinggi dalam darah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gaya hidup sehat, agar kadar trigliserida tetap terjaga. Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *