Categories
Obat

6 Jenis Obat Sariawan Berdasarkan Bentuknya

obat sariawan

Sariawan adalah keadaan dimana rongga mulut mengalami iritasi atau meradang. Meskipun sakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun rasa sakitnya dapat mengganggu aktivitas Anda terutama ketika makan. Sariawan dapat dipicu karena kurang vitamin, luka di rongga mulut, hingga faktor stress. Berikut beberapa jenis obat sariawan berdasarkan bentuknya.

 1. Obat Kumur

Jika Anda memeriksakan ke dokter, maka dokter akan menganjurkan untuk memakai obat kumur. Obat kumur tersebut harus memiliki kandungan steroid dexamethasone. Penggunaannya sangat efisien untuk jenis sariawan yang kemunculannya berada di beberapa tempat secara sekaligus. Obat kumur ampuh mengurangi peradangan.

Obat ini juga efektif untuk mengurangi rasa sakit penderitanya. Di dalam sebuah obat kumur terdapat zat antiseptik zat tersebut selain dapat mempercepat penyembuhan luka dari sariawan, juga dapat berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Jangan memilih obat kumur yang memiliki kandungan alkohol, karena dapat menambah peradangan.

2. Obat Oles

Beberapa obat lainnya adalah obat oles dengan berbagai tekstur. Dari macamnya diantaranya berbentuk gel, krim maupun berbentuk cairan. Anda dapat mendapatkannya di apotek maupun toko obat. Jenis obat ini dijual bebas, dapat dibeli sendiri maupun melalui resep dokter. Beberapa produk harganya juga terjangkau.

Obat oles untuk sariawan mayoritas memiliki kandungan policresulen. Senyawa ini ampuh dalam membunuh bakteri. Selain dapat mencegah infeksi yang berlanjut, obat oles juga dapat mengobati kutil dan mempercepat regenerasi pada luka kulit. Obat jenis ini disarankan jangan sampai tertelan atau terminum langsung.

3. Obat Minum

Obat ini biasanya diberikan dokter apabila obat yang Anda pakai sebelumnya tidak manjur. Beberapa jenis dari obat ini bukan hanya untuk mengobati sariawan namun diantaranya juga asam urat dan luka luar. Obat ini merupakan alternatif terakhir, Anda bisa mendapatkannya dengan konsultasi ke dokter atau rumah sakit.

4. Suplemen Nutrisi

Salah satu penyebab Anda bisa menderita sariawan adalah tubuh yang kekurangan zat vitamin. Di antaranya adalah vitamin B-6 dan B-12. Anda dapat mengantisipasi dan mengobatinya dengan meminum suplemen khusus. Apabila sariawan Anda bukan berasal dari kekurangan nutrisi, Anda dapat memakai obat sariawan jenis lain.

Asam askorbat atau vitamin C juga sangat berperan dalam pembentukan kolagen. Jika kolagen dalam tubuh kurang, akan mempengaruhi kesehatan gusi. Kesehatan yang terganggu diantaranya adalah sariawan atau radang gusi. Meminum vitamin C yang berbentuk tablet maupun kapsul juga dapat mengobati masalah tersebut.

5. Obat Pembasmi Kuman

Sariawan juga dapat berasal dari infeksi kuman atau karena luka. Beberapa dokter merekomendasikan cara khusus dalam penanganannya. Cara yang paling umum yaitu dengan debacterol dan dengan perak nitrat. Obat pembasmi kuman sariawan diberikan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan luka pada sariawan.

Debacterol memang dirancang untuk mengobati sariawan dan gusi. Zat kimia cauterizing dapat menyembuhkan sariawan sekitar satu minggu. Untuk perak nitrat, belum terbukti dalam mempercepat penyembuhan. Namun dapat membantu mengurangi rasa sakit karena sariawan.

6. Obat Alami

Minuman dari bahan alami juga mampu mengobati sariawan. Bahan herbal tersebut diantaranya madu dan teh chamomile. Teh chamomile memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang berguna menyembuhkan sariawan di tenggorokan dan permukaan mulut. Madu berkhasiat sebagai antiseptic dan dapat dicampurkan ke dalam teh.

Berikut tadi adalah 6 jenis obat sariawan berdasarkan bentuknya. Sariawan juga bisa muncul karena benda asing yang tergigit. Faktor iritasi dan memakai sikat gigi yang terlalu keras juga dapat menjadi penyebab dari adanya sariawan. Jaga kebersihan gigi agar terhindar dari bakteri dan kuman.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *