Categories
Obat

6 Kontraindikasi Loratadine dan Peringatan bagi Tubuh

Kontraindikasi Loratadine

Pada saat Anda mengalami alergi terhadap sesuatu dan menimbulkan beberapa gejala, Anda bisa langsung mengonsumsi obat antihistamin atau anti alergi. Misalnya obat yang mengandung loratadine. Namun, bagi Anda yang mengalami kondisi medis tertentu Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya obat yang mengandung loratadine memiliki kontraindikasi. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai kontraindikasi loratadinedan peringatannya untuk tubuh.

1. Pengidap Penyakit Jantung

Penggunaan obat antihistamin atau anti alergi yang mengandung loratadine hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak di atas 2 tahun dan juga orang dewasa. Namun, obat ini dapat menimbulkan dampak tidak baik bagi Anda yang mengidap penyakit jantung. Terutama bagi Anda yang sedang melakukan perawatan dengan mengonsumsi obat amiodarone, yaitu obat untuk mengatasi irama jantung yang tidak teratur.

2. Pengidap Penyakit Porphyria

Penyakit porphyria terjadi adanya proses pembentukan heme yang merupakan bagian penting dari protein di dalam sel darah merah atau hemoglobin, yang membawa oksigen dari paru ke seluruh tubuh terjadi secara tidak sempurna. Adanya kondisi medis seperti ini yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat tertentu, tentu tidak baik bila Anda juga mengonsumsi obat yang mengandung loratadine. Kecuali Anda telah berkonsultasi dengan dokter atau sesuai dengan saran dokter atas penggunaannya.

3. Mengalami Permasalahan Serius pada Organ Hati dan Ginjal

Kandungan loratadine juga tak cocok pada beberapa kalangan tertentu seperti pada pasien yang mengalami gangguan fungsi hati dan penurunan fungsi ginjal. Penggunaan obat yang memiliki kandungan loratadine nantinya akan tereliminasi melalui rute tinja dan ginjal.

Sedangkan pada pasien yang memiliki kondisi medis ini memerlukan penyesuaian dosis yakni 10mg tiap 2 hari sekali. Tentu hal ini juga akan mempengaruhi dengan penurunan kemampuan metabolisme dan ekskresi obat yang harus tereliminasi melaui rute ginjal dan tinja.

4. Ibu Hamil dan Menyusui

Kontraindikasiloratadineyang harus diwaspadai adalah penggunaannya pada Ibu hamil dan menyusui. Sekalipun obat yang mengandung loratadine bukanlah obat yang tidak berpengaruh atau bisa menyakiti bayi di dalam kandungan, namun penggunaannya juga harus dikonsultasikan dengan dokter. Terutama bagi Ibu yang sedang menyusui. Pasalnya loratadine bisa terbawa melalui ASI. Oleh karena itu selalu konsultasikan dengan dokter.

5. Memiliki Riwayat Epilepsi atau Penyakit Lain yang Berisiko pada Kesehatan

Epilepsi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada sistem saraf  pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal. Adanya kondisi seperti ini dapat mengakibatkan kejang, perilaku yang tidak seperti biasa bahkan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit seperti ini atau penyakit lainnya yang juga berisiko mengganggu kesehatan, ada baiknya juga Anda memberitahu tahu kepada dokter sebelum dokter meresepkan obat alergi yang mengandung loratadine.

6. Mengonsumsi Obat Tertentu untuk Perawatan

Apaila Anda mengalami alergi dan dokter akan meresepkan obat, ada baiknya Anda memberitahu dokter terkait dengan kondisi Anda. Terutama bagi Anda yang sedang menjalani perawatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya saja obat cimetidine yaitu obat yang digunakan untuk menangani masalah pencernaan.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang mengonsumsi obat erythromycin yaitu antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri juga harus memberitahukan kepada dokter. Termasuk pemakaian obat ketoconazole yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur dan obat ritonavir untuk menangani infeksi HIV/AIDS.

Itulah beberapa informasi mengenai kontraindikasi loratadine yang bisa Anda pahami. Sebelum mengonsumsi obat loratadine yang tergolong obat keras ini, ada baiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *