Categories
Kesehatan Tips

6 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih

Sudah bukan rahasia lagi jika menambahkan bawang putih ke masakan akan membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Namun, sudah tahukah Anda manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan? Mengonsumsi bawang putih mentah ternyata sangat baik lho. mau tahu apa saja manfaatnya, langsung saja simak selengkapnya di sini.

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan ketika mengonsumsi bawang putih mentah adalah ia dapat menurunkan kolesterol. Ya, kolesterol yang tinggi dapat memicu munculnya penyakit berat lain. Oleh sebab itu, kolesterol harus dijaga agar kadarnya normal, salah satunya dengan mengonsumsi bawang putih mentah.

Meskipun demikian, bukan berarti bawang putih menjadi obat yang efektif untuk menurunkan kolesterol ya. Pasalnya, hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih mentah berikutnya bagi kesehatan adalah dia dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup. Oleh sebab itu, kesehatannya harus dijaga, ketika jantung berhenti berdetak, maka selesai sudah tugas manusia di muka bumi ini.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menggunakan bawang putih mentah. Hal ini karena bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Dengan demikian, sirkulasi darah yang ada pada jantung menjadi lebih lancar dan jantung menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Pilek

Untuk Anda yang mudah terserang flu atau pilek, coba deh perbanyak konsumsi bawang putih mentah. Mengapa demikian? Hal ini karena bawang putih mentah memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bertindak untuk melawan virus.

Bahkan, sebuah penelitian juga menyebutkan orang-orang yang rajin mengonsumsi bawang putih akan lebih sering mengalami pilek. Apabila mengalami pilek, maka pilek ini akan lebih cepat sembuh dibandingkan yang jarang mengonsumsi bawang putih.

Bawang putih ini juga ada baiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah agar kandungan unsur baiknya tidak rusak apabila ikut dimasak. Dengan demikian, manfaatnya bisa Anda rasakan lebih lagi.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Tidak hanya digunakan untuk mencegah pilek, bawang manfaat bawang putih mentah juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan Anda. Hal ini karena dalam bawang putih mentah terdapat kandungan zat allicin yang berperan sebagai antibiotik dan antijamur. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih ini bisa digunakan untuk melawan adanya bakteri H.pylori yang berada di lambung.

5. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian juga sudah menyebutkan bahwa bawang putih memiliki peranan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian ini masih banyak dilakukan mengingat efeknya memang benar-benar ada.

Bahkan seseorang yang rajin makan bawang putih juga akan mengalami penurunan risiko terkena penyakit kanker usus besar lho. hal ini karena kandungan anti kanker yang ada pada bawang putih benar-benar bekerja dan bermanfaat.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah berikutnya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena kandungan anti bakteri yang terdapat pada bawang putih dapat mengatasi bakteri penyebab giri rusak.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi bawang putih mentah juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi pada mulut. Agar manfaat ini bisa benar-benar Anda rasakan secara optimal, Anda bisa menggunakannya bersamaan dengan antibiotik.

Beberapa manfaat bawang putih mentah ini bisa Anda rasakan ketika Anda rajin mengonsumsinya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba bawang putih mentah? Tenang saja, kalau sudah terbiasa rasanya pasti mudah diterima lidah.

Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *