Categories
Kesehatan

7 Buah dan Sayur Sumber Vitamin C untuk Jerawat

vitamin c untuk jerawat

Muka adalah anggota tubuh yang sangat dikhawatirkan kesehatannya. Hal ini disebabkan muka menjadi anggota tubuh yang pertama kali dipandang. Pasti merasa tidak nyaman bukan kalau muka Anda begitu banyak jerawat. Baik itu terasa gatal maupun tidak menyenangkan jika dipandang. Oleh karena itu simak informasi berikut ini mengenai sumber vitamin C untuk jerawat yang bisa Anda konsumsi.

1. Jeruk

Buka rahasia umum lagi bahwasannya jeruk memiliki kandungan vitamin C. 100 gram buah jeruk mengandung vitamin C kurang lebih sekitar 54mg. Selain dapat menjaga kesehatan dari serangan flu, ternyata jeruk yang kaya vitamin C ini juga bisa memberikan antioksidan bagi kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi minimal 1 buah jeruk setiap hari agar Anda mendapatkan nutrisi berupa vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda. Terutama untuk kulit muka.

2. Lemon

Tidak jauh berbeda dengan buah jeruk sebelumnya. Buah lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Apabila Anda memiliki jerawat ataupun bekas jerawat yang biasa disebut bopeng, buah ini bisa menjadi solusi.

Pasalnya di dalam buah lemon ini mengandung vitamin C yang dapat membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi. 

Yaitu kondisi kulit yang tampak gelap atau hitam jika dibandingkan dengan warna kulit disekitarnya. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari terutama saat pagi sebelum sarapan. Selain melindungi kulit, buah lemon juga bisa digunakan untuk diet. 

3. Timun

Sayur yang satu ini bisa diandalkan untuk menenangkan kulit dari rasa layaknya terpanggang karena jerawat yang membandel. Hal ini disebabkan dalam timun mengandung kadar air yang tinggi yang bagus untuk kesegaran muka. 

Selain itu di dalam timun juga mengandung antioksidan, vitamin C untuk jerawat, vitamin K maupun serat yang dapat membantu proses peredaman radang kulit akibat jerawat.

Anda bisa menggunakan timun dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi makanan lainnya. Bisa juga Anda iris dan tempelkan pada bagian muka.

4. Semangka

Layaknya timun, semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi. Buah ini juga memiliki kandungan berupa vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, serat, carotenoidflavonoid, dan lycopene yang bisa mencegah kerusakan kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk membantu mengatasi masalah kulit yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat. Anda bisa mengonsumsinya langsung ataupun diolah menjadi sajian menu makanan lainnya. 

5. Pisang

Selain terkenal dengan kandungan vitamin K, pisang juga mengandung antioksidan yang dapat berpengaruh pada kesehatan kulit. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk mencegah ataupun mengobati bekas jerawat Anda. Selagi menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi pisang untuk diet, Anda bisa langsung menjaga kesehatan kulit. 

6. Apel

Buah lainnya yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, serat, potasium, kalsium, dan magnesium ini memiliki banyak manfaat. Termasuk menjaga kesehatan Anda dari radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan peran dari antioksidan yang juga terkandung di buah apel ini.

7. Kale

Sayuran ini termasuk dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol maupun sawi. Sayuran ini memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan kandungan lainnya seperti mangan, kalsium, tembaga, kalium, magnesium.

Sedangkan jenis vitamin yang ada pada sayuran ini berupa vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu ada juga kandungan berupa antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai buah dan sayur yang menjadi sumber vitamin c untuk jerawat. Anda bisa mencarinya di pasar ataupun di supermarket terdekat Anda. Jangan lupa juga untuk memperhatikan proses pengolahan dari buah dan sayur tersebut agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *