Categories
Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

manfaat vitamin c

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari membentuk pembuluh darah, otot, dan kolagen di tulang. Bahkan vitamin C juga memiliki peran yang penting dalam proses penyembuhan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kulit. 

1. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang mampu memperkuat ketahanan tubuh. Antioksidan  bekerja melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Paparan radikal bebas yang menumpuk mampu meningkatkan risiko terjadinya stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis. Rutin mengonsumsi vitamin C mampu membantu tubuh untuk melawan peradangan. 

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Vitamin C juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada orang sehat dan orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan rutin mengonsumsi  vitamin C mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Jika Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi vitamin C untuk membantu menurunkannya. 

3. Melawan Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mampu meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Mulai dari tekanan darah tinggi, level kolesterol jahat yang tinggi hingga level triglyceride. Tanpa disadari rutin mengonsumsi vitamin C juga mampu membantu melawan penyakit jantung. 

Vitamin C sendiri mampu membantu mencegah beberapa faktor risiko di atas dan tanpa disadari juga ikut bekerja menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan jika rutin mengonsumsi vitamin C dari makanan, sayur, suplemen, atau buah-buahan mampu membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

4. Menurunkan Kadar Asam Urat

Selain beberapa hal di atas manfaat vitamin C selanjutnya adalah membantu menurunkan kadar asam urat dan membantu para penderitanya agar terhindar dari encok. Sebuah penelitian membuktikan jika penderita asam urat yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi vitamin C lebih sedikit. 

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari membantu pembentukan sel darah merah hingga mendistribusikan oksigen. Vitamin C membantu penyerapan zat besi menjadi lebih baik. Selain itu vitamin C juga membantu mengubah zat besi yang sulit diserap. Zat besi dari sayuran diubah menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap. 

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Satu Alasan utama Mengapa orang-orang banyak mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu manfaat dari vitamin C yang sudah banyak diketahui adalah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. 

Vitamin C sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang mampu mendorong produksi sel darah putih guna melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Tak hanya itu saja, vitamin C juga merupakan salah satu bagian penting dari kesehatan. Pasalnya vitamin C mampu bertindak sebagai antioksidan dan memperkuat lapisan kulit. 

7. Mengurangi Risiko Demensia

Manfaat lain dari vitamin C adalah mengurangi risiko demensia dan menjaga fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan penderita demensia memiliki level vitamin C yang lebih rendah. Asupan vitamin C yang tinggi mampu melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring bertambahnya usia. 

Nah itu dia beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang saja, ternyata vitamin C juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Jadi jangan lupa rutin mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan vitamin C agar tubuh tetap sehat. 

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *