Categories
Kesehatan

7 Manfaat Tembaga untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Tembaga

Tembaga merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk tubuh. Meskipun terdengar tidak lazim bagi beberapa orang namun, tembaga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika Anda mengonsumsinya dengan dosis yang tepat. Nah, mari cari tahu apa itu tembaga dan apa saja manfaat tembaga untuk kesehatan.

Apa Itu Tembaga?

Tembaga adalah jenis mineral yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam tubuh, tembaga tak hanya ditemukan pada tulang dan otot namun juga ditemukan di otak, hati, jantung dan ginjal. Kita membutuhkan asupan tembaga dari berbagai macam makanan yang mengandung tembaga.

Makanan-makanan yang mengandung tembaga dan baik dikonsumsi untuk tubuh antara lain daging-dagingan, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam. Namun, meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan sebaiknya Anda mengonsumsi tembaga dalam jumlah yang tepat karena tembaga juga memiliki risiko berbahaya bagi tubuh.

Manfaat untuk Kesehatan

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun tembaga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung tembaga dengan jumlah yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tembaga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan tembaga di dalam tubuh mampu mempertahankan jumlah sel darah putih yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari penyakit. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi tembaga dalam jumlah yang cukup agar jumlah sel darah putih tidak menurun.

2. Mendukung Produksi Kolagen

Tembaga juga bermanfaat untuk memproduksi kolagen dan elastin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Apabila asupan tembaga tidak tercukupi, maka tubuh tidak akan bisa memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak atau kolagen yang rusak. Kekurangan kolagen juga dapat menyebabkan tubuh mengalami kesalahan fungsi sendi.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Memiliki sistem kardiovaskular yang sehat sangat penting untuk tubuh Anda. Anda harus mengonsumsi tembaga dalam dosis yang tepat karena tembaga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jumlah tembaga yang dikonsumsi secara tepat dapat meningkatkan fungsi jantung dan menguatkan jantung.

4. Mencegah Osteoporosis

Manfaat tembaga yang selanjutnya adalah membantu mencegah tulang rapuh yang menyebabkan osteoporosis. Konsumsilah tembaga yang dikombinasikan dengan kalsium, seng dan mangan untuk membantu memperlambat kehilangan kepadatan tulang.

5. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal maka pertumbuhan dan perkembangan tubuh harus berjalan dengan baik. Mineral yang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh adalah tembaga.

Asupan tembaga yang cukup dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh dapat menurunkan risiko cacat lahir. Tak hanya itu saja, jika asupan yang dikonsumsi Anda sudah memenuhi jumlah yang dibutuhkan maka akan membuat pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda tidak terhambat.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Tembaga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Maka dari itu, tembaga bermanfaat untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan oksidatif di dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi tembaga dalam jumlah yang cukup maka kerusakan oksidatif dapat dicegah.

Tak hanya itu saja, tembaga juga bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Hal ini karena tembaga dapat meningkatkan produksi protein yang dapat menghambat pertumbuhan tumor baik ganas maupun jinak.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Tembaga juga memiliki sifat inflamasi yang berguna bagi tubuh untuk mengobati sakit maag. Selain itu, tembaga juga memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan.

Itulah beberapa manfaat tembaga bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Meskipun Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan tembaga dari makanan-makanan sehat namun Anda harus mengonsumsi makanan bervariasi untuk memastikan kebutuhan tembaga tercukupi. Pastikan mengonsumsi tembaga dalam jumlah yang tepat agar tidak berbahaya bagi tubuh.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *