Categories
Penyakit

7 Pernyataan Tentang Penyakit Emfisema yang Perlu Diketahui

Penyakit Emfisema

Emfisema merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena kerusakan kantong udara pada paru-paru. Seiring berjalannya waktu kerusakan kantong udara yang semakin parah akan membentuk kantong besar dan beberapa kantong kecil yang pecah. Kondisi ini menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menjadi berkurang. Nah iniĀ  beberapa hal penting yang perlu diketahui seputar penyakit emfisema.

1. Apakah Sesak Napas Bisa Didiagnosis Sebagai Emfisema?

Sebenarnya sesak nafas bukan hanya merupakan salah satu gejala emfisema saja. Dibutuhkan beberapa pemeriksaan khusus untuk mengetahui Apakah sesak nafas tersebut merupakan gejala emfisema atau tidak. Penyebab penyakit emfisema sendiri adalah kebiasaan merokok, polusi udara, usia tua, alfa 1 antitripsin defisiensi, dan faktor keturunan.

2. Apakah Semua Orang Berisiko Terkena Emfisema?

Pada dasarnya orang yang memiliki risiko terkena gangguan emfisema adalah mereka yang memiliki riwayat asma, perokok pasif maupun aktif, orang dewasa yang sudah berusia 40 hingga 60 tahun, dan orang yang sering terpapar polusi udara dalam ruangan. Jadi jika Anda mengalami beberapa gejala emfisema, jangan lupa untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Apa Perbedaan COPD dan Emfisema?

Emfisema merupakan kondisi yang umumnya terkait dengan COPD, namun bukan merupakan penyakit itu sendiri. Gejala emfisema yang sering dialami antara lain seperti ketidakmampuan menghembuskan nafas dengan cepat dan sesak nafas. Penderitanya juga mengalami penurunan berat badan yang drastis mudah lelah jantung berdebar dan bibir maupun kuku menjadi biru.

4. Seperti Apa Tempat Tinggal yang Cocok Bagi Penderita Emfisema?

Tempat tinggal yang cocok bagi penderita emfisema adalah tempat tinggal dengan tingkat kebersihan udara yang baik. Selain itu, penderita emfisema juga tidak disarankan tinggal di daerah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi, udara dingin, angin kencang dan suhu ekstrem. Pasalnya tempat tinggal semacam ini hanya akan memperburuk kondisi emfisema yang diderita.

5. Selain Sesak Nafas, Apa Saja Gejala Emfisema?

Tak hanya mengalami sesak nafas saja, penderita emfisema umumnya juga kesulitan bernafas atau bernafas pendek-pendek. Selain itu penderita emfisema juga mengalami batuk kering tanpa lendir, lemas atau lesu, hingga kehilangan berat badan secara drastis. Penting bagi Anda untuk mengetahui gejalanya agar bisa mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

6. Apakah Pelatihan dan Olahraga Membantu Perawatan Emfisema? 

Meskipun rutin berolahraga baik untuk meningkatkan kinerja kardiovaskuler, namun penting juga bagi Anda untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai program rehabilitasi paru-paru apa yang harus Anda lakukan. Nantinya dokter bisa menentukan pelatihan atau Olahraga apa yang tepat untuk Anda. Meski demikian perlu diingat jangan melakukannya secara berlebihan ya.

7. Pentingkah Penderita Emfisema Mengonsumsi Suplemen Kekebalan Tubuh?

Mengingat tingginya risiko infeksi yang disebabkan karena penumpukan cairan di dalam paru-paru, menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat merupakan kunci utama yang harus diperhatikan menuju ke hidup sehat. Penting juga bagi Anda untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang tepat melalui makanan sebelum mengandalkan suplemen kekebalan tubuh tambahan.

Agar tetap bisa mendapatkan informasi seputar nutrisi yang tepat, penting bagi Anda untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Proses diskusi atau tanya jawab sekarang juga lebih mudah dilakukan melalui Lifepack. Bahkan Anda juga bisa membeli obat dengan lebih mudah tanpa harus mengantre.

Nah itu dia beberapa pernyataan penting yang perlu Anda ketahui seputar penyakit emfisema. Jika memiliki pertanyaan lain jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter spesialis. Bahkan kini Anda juga bisa mendapatkan obat emfisema dengan lebih praktis dan mudah tanpa perlu keluar rumah melalui aplikasi Lifepack.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antre.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *