Categories
Tips

7 Rekomendasi Menu Diet PCOS untuk Hamil Lebih Mudah

Menu Diet PCOS untuk Hamil

Polycystic ovary syndrome (PCOS) disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon yang menyebabkan terbentuknya gelembung udara di ovarium. Kondisi ini bisa membuat wanita sulit mengalami masa kehamilan. Oleh karena itu, berikut ini menu diet PCOS untuk hamil yang harus diperhatikan agar bisa cepat hamil.

1. Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Makan makanan rendah indeks glikemik merupakan faktor penting dalam diet PCOS, terutama jika Anda sedang berusaha untuk segera hamil. Semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, semakin lambat tubuh Anda menyerap karbohidrat. Ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga memudahkan untuk mengontrol gejala PCOS yang terkait dengan diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2010, wanita dengan PCOS dengan diet indeks glikemik rendah memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur. Banyak makanan dengan indeks glikemik rendah termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berpati, gandum utuh, dan makanan rendah karbohidrat lainnya.

2. Diet DASH

Jenis diet ini terdiri dari sekumpulan makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut para ahli, diet DASH dapat membantu mengontrol gejala PCOS. Kunci dari diet DASH itu sendiri adalah menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan gula.

Contoh makanan yang bisa digunakan untuk diet DASH meliputi:

  • Ikan salmon, mackerel, sarden, dan tuna.
  • Unggas
  • Buah
  • Sayuran
  • Produk susu rendah lemak
  • Lemak nabati seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

3. Makanan Kaya Vitamin D

Menu Diet PCOS untuk Hamil yang berikutnya adalah konsumsi vitamin D. Salah satu faktor yang menjadi faktor PCOS dengan gejala resistensi insulin, obesitas dan juga gangguan proses ovulasi adalah akibat dari kekurangan asupan vitamin D. Oleh sebab itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D untuk menekan kondisi tersebut.

Vitamin D bisa Anda dapatkan secara mudah dengan berjemur di pagi hari. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D, seperti tuna, kuning telur, jamur, udang, dan juga hati sapi.

4. Makanan Anti-Inflamasi

Makanan anti-inflamasi juga dapat membantu mengurangi gejala PCOS. Semakin mudah Anda mengelola gejalanya, semakin nyaman aktivitasnya dan semakin besar peluang Anda untuk hamil. Contoh makanan dengan kandungan anti-inflamasi termasuk blueberry, minyak zaitun, ikan berlemak, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun lainnya.

5. Alternatif Pemanis

Jajanan manis memang menggoda. Namun bagi Anda yang mengalami PCOS, ada baiknya mengganti gula dengan madu atau stevia. Ingatlah bahwa makan makanan manis hanya akan menaikkan kadar gula darah Anda.

6. Alternatif Susu

Selain pemanis, alternatif lain yang juga masuk dalam daftar makanan agar penderita PCOS bisa cepat hamil adalah menggunakan pilihan lain dari produk susu. Anda bisa mengganti susu sapi dengan almond, kedelai, oat,dan susu lainnya.

7. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan yang mengandung karbohidrat bisa menyebabkan proses inflamasi yang akan berdampak pada resistensi insulin. Bagi Anda yang menderita PCOS, Anda perlu mengurangi atau lebih baik untuk menghentikan konsumsi makanan l=olahan dengan tujuan untuk mengendalikan gejala penyakit PCOS.

Makanan dengan karbohidrat olahan adalah jenis makanan yang dibuat menggunakan tepung putih. Contohnya saa mie dan juga pasta yang dibuat dengan bahan dasar tepung. Jika dibandingkan dengan menggunakan tepung putih, menggunakan pasta yang terbuat dari biji-bijian bisa menjadi aternatif yang sangat bagus untuk dicoba.

Itu tadi 7 rekomendasi Menu Diet PCOS untuk Hamil yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kehamilan. Selain mengonsumsinya, mengatur pola makan juga sangat dianjurkan agar bisa mengurangi gejala dari PCOS.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *