Categories
Kesehatan

8 Jenis Karbohidrat dari Bahan Sayur

jenis karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi yang utama selain protein dan lemak. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas. Maka dari itu, perlu juga mengonsumsi karbohidrat yang mengandung banyak serat. Berikut jenis karbohidrat dari bahan sayur yang dapat dikonsumsi untuk membantu program diet dan tentunya menyehatkan!

Jagung

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat berbahan sayur yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Buah jagung utuh memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 32 gram. Namun meskipun memiliki kandungan karbohidrat tinggi, jagung merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Jagung juga mengandung serat yang cukup tinggi, baik untuk pencernaan. 

Kentang

Kentang dengan ukuran sedang memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 26 gram. Selain itu, juga mengandung 2 gram serat, vitamin C, kalium,  vitamin B6, dan zat besi. Kentang lebih sehat jika dikonsumsi dengan cara direbus hingga matang. Pengolahan kentang dengan cara digoreng dapat menimbulkan resiko kanker yang membahayakan tubuh karena karsinogenik. 

Kentang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti sayur untuk program diet. Hal ini dikarenakan kentang memiliki jumlah kalori yang rendah jika dibandingkan dengan nasi. Kondisi ini menyebabkan produksi gula serta kalori menjadi sedikit. Kentang dapat sekaligus menjadi lauk pauk untuk melengkapi hidangan sehari-sehari selain sebagai pengganti nasi. 

Labu

Sayuran satu ini biasanya sering dikonsumsi di bulan puasa. Selain olahannya yang segar, labu juga mengandung karbohidrat sebanyak 32 gram. Labu kuning juga mengandung karbohidrat cukup tinggi. Konsumsi labu, dapat digunakan untuk memenuhi karbohidrat sekaligus serat. 

Kacang Polong

Kacang polong memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Tak hanya karbohidratnya, kacang polong juga kaya akan serat. Kandungan serat ini membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya sembelit. Meski kacang polong mengandung karbohidrat, namun diperlukan jumlah banyak jika digunakan untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. 

Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat sekitar 23,61 gram. Selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung kalium dan vitamin  A, serta vitamin. Ubi jalar terdiri atas beberapa jenis seperti ubi jalar madu, ubi jalar ungu dan lainnya. Ubi jalar ungu juga memiliki kandungan antioksidan dan antitumor. 

Bit

Bit merupakan sayuran yang tumbuh dari akar dengan warna ungu dan memiliki rasa yang manis. Buah ini aman dikonsumsi saat kondisi mentah maupun matang. Satu cangkir buah bit mentah dapat mengandung 13 gram karbohidrat. Selain itu, bit juga mengandung kalium, kalsium, folat dan vitamin A. Kandungan nitrat anorganik didalamnya untuk sehatkan jantung. 

Buncis

Sayuran buncis yang dapat juga digolongkan sebagai kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat. Secangkir buncis memiliki 19,01 gram karbohidrat dan 5 gram protein. Terdapat hasil penelitian yang membuktikan bahwa buncis dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan pencernaan. Buncis juga kaya akan kandungan serat dan kalsium. 

Singkong

Merupakan sayuran yang tumbuh dari akar dan memiliki rasa tawar. Namun jika dikonsumsi akan memberikan rasa kenyang seperti makan nasi. Singkong memiliki kulit yang kasar dan berwarna cokelat serta memiliki isi berwarna putih. Pengolahan singkong yang jadi pengganti nasi lumayan mudah, hanya dengan mengukusnya sampai empuk dan singkong siap dihidangkan. 

Itulah beberapa jenis karbohidrat yang berbahan sayur. Baik sayur yang tergolong umbi-umbian hingga kacang-kacangan. Setiap sayur memiliki kandungan karbohidrat yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk menggantikan sayur sebagai nasi harus lebih diperhatikan jumlahnya. Hal ini untuk menyeimbangi kebutuhan sayur yang harus dipenuhi tubuh setiap harinya. 

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *