Categories
Kesehatan

9 Manfaat Jahe bagi Tubuh agar Tetap Fit Beraktivitas

manfaat jahe bagi tubuh

Kesibukan beraktivitas bisa membuat Anda kelelahan dan akhirnya menurunkan imunitas ujungnya akan mengalami sakit. Penting untuk mengonsumsi suplemen atau pun rempahan seperti jahe. Biasanya yang diminum adalah air jahe. Berikut ini manfaat jahe bagi tubuh agar bisa tetap fit selama beraktivitas setiap harinya.  

1. Meredakan Sakit Badan

Aktivitas yang padat keram membuat Anda merasa lelah dan badan jadi sakit-sakit. Jahe punya manfaat untuk meredakan rasa sakit badan agar menjadi lebih segar. Kandungan yang memberikan manfaat ini adalah gingerol dan fenol dengan sifat anti nyerinya. Anda tidak akan merasakan pegal atau pun linu setelah minum air jahe. 

2. Menghilangkan Pusing

Pekerjaan menumpuk dan lelah seringkali berdampak pada rasa sakit kepala atau pusing. Anda menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas bahkan sering menjadi tidak bisa fokus. Jahe bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa pusingnya. Selain itu, jahe juga membantu menenangkan saraf-saraf yang tegang, sehingga Anda bisa kembali fokus untuk beraktifitas. 

3. Menangkal Virus 

Salah satu yang bisa mengganggu aktivitas adalah virus. Apa lagi hari ini dunia tengah dihebohkan dengan virus corona. Anda bisa mengonsumsi jahe untuk membantu menangkal virus agar tidak masuk ke dalam tubuh, termasuk virus corona. Jadi, Anda bisa beraktifitas dengan tenang tanpa panik atau pun takut terkena virus corona. 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita karena jarang melakukan olahraga. Ketika menderita penyakit ini aktifitas tentu akan terganggu. Jahe akan membantu untuk menurunkan kadar gula darah Anda secara bertahap. Bahkan jahe memang diyakini sebagai obat penyakit diabetes. 

5. Menyehatkan Pencernaan

Masalah pencernaan membuat aktifitas bisa terganggu karena harus bolak-balik kamar mandi atau merasa tidak nyaman. Jahe akan membantu menyehatkan pencernaan, sehingga Anda bisa tetap fit untuk beraktivitas. Penyakit pencernaan yang akan tercegah dengan jahe adalah perut kembung, asam lambung, dan sembelit. 

6. Menyehatkan Otak

Manfaat jahe bagi tubuh bisa menyehatkan otak di mana jahe akan menghambat terjadinya peradangan di bagian otak. Secara perlahan fungsi otak akan meningkat. Buat Anda yang bekerja akan terhindar dari stress oksidatif yang bisa menyebabkan penyakit demensia. Selain itu fungsi kognitif akan bertambah. 

7. Melindungi dari Sinar UV

Aktifitas yang sering di luar membuat Anda lebih besar mendapatkan risiko buruk dari sinar UV. Jahe bermanfaat untuk membantu menyerap sinar UV yang dapat merusak DNA. Jahe yang diminum akan bekerja memproduksi antioksidan yang akan melindungi Anda dari sinar UV. 

8. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat jahe lainnya untuk tubuh adalah membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Jadi Anda tetap bisa beraktifitas tanpa merasa pusing atau pun tidak sehat. Apa lagi untuk yang punya riwayat penyakit darah tinggi, konsumsi jahe adalah pilihan yang tepat. 

9. Melegakan tenggorokan

Sakit tenggorokan sering dialami saat Anda beraktifitas di outdoor, terlebih saat cuaca sedang panas. Minum air jahe akan membantu untuk melegakan tenggorokan, sehingga tidak akan terasa gatal. Jahe juga akan membantu mengatasi peradangan yang dialami karena sakit tenggorokan. Anda bisa beraktivitas tanpa ada rasa tidak nyaman. 

Anda bisa mendapatkan semua manfaat jahe bagi tubuh dengan mengonsumsinya dalam bentuk air jahe. Cara membuatnya dengan merebus jahe sampai mendidih. Anda bisa meminumnya sesuai dengan kebutuhan. Lebih segar jika air rebusan airnya dibuat setiap hari sebelum diminum. Anda bisa minum jahe menggunakan madu. 

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *