Categories
Obat

Allopurinol Obat Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Allopurinol Obat Apa

Allopurinol obat apa? Allopurinal merupakan obat yang dikonsumsi untuk mengobati asam urat. Di mana manfaatnya akan bekerja mencegah peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Obat bisa bekerja dengan optimal jika dikonsumsi dengan dosis yang sesuai. Berikut ini penjelasan lengkap allopurinol. 

Cara Minum Obat Allopurinal

Cara minum obat ini dilakukan secara rutin setiap harinya dengan dosis 100 gram ini. Cara minum obat dengan menghabiskan satu gelas air putih setiap kali minum obatnya.  Dalam sehari minimal Anda minum air lebih dari 8 gelas. Ini agar Anda tidak berisiko terkena batu ginjal.

Selama mengonsumsi obat ini Anda sebaiknya memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh agar tidak mengalami masalah pada perutnya. Anda yang bertanya allopurinol obat apatentu juga ingin tahu lebih banyak cara mengonsumsinya. Obat ini bisa dikonsumsi dengan dipotong atau dihancurkan terlebih dahulu, sehingga Anda tidak kesulitan mengonsumsinya.

Jika Anda yang minum obat ini untuk pengobatan asam urat memiliki riwayat batu ginjal disarankan mengurangi protein hewani. Cara minum allopurinol 100 mguntuk orang dewasa yang diminum sekali sehari atau bisa dengan dosis 300 mg sekali sehari. Dosis obat ini dalam satu hari maksimal 800 mg per hari.

Efek Samping Allopurinol

1. Efek pada Sendi

Allopurinol setelah dikonsumsi memberikan efek samping dalam waktu beberapa minggu berupa encok. Bisa juga mengalami nyeri sendi dan  ditandai dengan flu. Nyeri sendi ini akan membuat Anda mengalami kelemahan otot yang parah, sering kesemutan, bahkan sampai mati rasa.

2. Mengganggu Pencernaan

Mengalami gangguan pada bagian pencernaan mulai dari nyeri di bagian perut atas, kehilangan nafsu makan, urine yang menjadi gelap, mual, dan tinja yang berwarna tanah liat. Gangguan pencernaan juga bisa ditandai dengan muntah dan diare.

3. Masalah Kulit

Efek samping yang lain berupa alergi dengan terjadinya gatal-gatal, bibir, lidah, pembengkakan wajah, dan kesulitan bernapas. Efek samping pada kulit juga bisa mengalami ruam dari yang ringan sampai berat.

4. Mempengaruhi Berat Badan

Beberapa kasus allopurinol yang dikonsumsi bisa menyebabkan Anda mengalami penurunan berat badan dan disertai penyakit kuning. Bagian yang akan menguning adalah kulit dan mata.

5. Gangguan Buang Air

Efek samping lainnya yang akan dirasakan mengalami gangguan buang air di mana Anda akan terjadi pendarah saat buang air kecil. Buang air kecil pun menjadi lebih sedikit dari pada biasanya. Bahkan bisa berisiko mengalami perdarahan yang tidak biasa di mulut, vagina, atau dubur.

6. Mengantuk

Efek samping setelah mengonsumsi obat bisa mengalami mengantuk dan sakit kepala. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengendarai kendaraan setelah mengonsumsinya dan lebih baik untuk istirahat saja di rumah.

7. Perubahan Fungsi Hati

Sekali pun memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat, obat ini bisa membuat Anda berisiko menderita efek samping perubahan dalam hasil tes fungsi hati. Biasanya ini karena konsumsi obat dalam dosis yang tinggi atau berlebihan.

8. Mudah Lelah

Anda akan mengalami kelelahan yang tidak biasa. Selain itu disertai dengan demam dan menggigil. Efek samping yang ringan akan hilang dalam beberapa waktu, sedangkan efek samping yang berat sebaiknya dilakukan konsultasi dengan dokter.

Setelah mendapatkan penjelasan di atas tentunya Anda sudah tidak bertanya lagi allopurinol obat apa? Dosis obat inidisesuaikan dengan kondisi asam uratnya atau. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *