Categories
Penyakit

Apa itu Gerd dan Bagaimana Cara Mengatasi Gerd

Cara Mengatasi Gerd

Anda sering mengalami mulut yang terasa lebih asam namun disertai dengan rasa perih di bagian kerongkongan? Jika iya, maka Anda sedang mengalami gejala gerd. Apa si gerd itu dan bagaimana cara mengatasi gerd? Nah, di bawah ini akan diulas informasi lengkap mengenai gerd dan cara mengatasinya.

Apa itu Gerd?

Gerd atau singkatan dari gastroesophageal refluxdisease atau disebut dengan nama asam lambung adalah sebuah kondisi dimana melemahnya katup perut atau sfinger di bagian kerongkongan bawah. Pada umumnya, katup ini hanya akan membuka pada saat makanan atau minuman masuk ke dalam lambung untuk dicerna.

Nah, setelah selesai masuk, katup ini akan kembali menutup dengan tujuan agar asam lambung tidak naik menuju ke kerongkongan. Namun, hal ini tidak terjadi pada penderita gerd. Pasalnya, katup pada penderita gerd melemah, sehingga ia tidak bisa menutupnya dengan sempurna.

Hal ini menyebabkan ini lambung yang sebelumnya terisi dengan makanan dan asam lambung akan naik menuju ke kerongkongan. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka dapat menimbulkan terjadi iritasi ada lapisan kerongkongan dan bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

Gejala Gerd

Gejala yang sering muncul pada saat asam lambung naik adalah munculnya rasa asam atau pahit di mulut disertai dengan sensasi terbakar di bagian kerongkongan. Gejala ini juga akan semakin parah pada saat Anda sedanf membungkuk atau berbaring setelah makan.

Tidak hanya kedua gejala di atas saja, naun ada juga gejala gerd lain yang harus Anda ketahui.

  • Keulitan dalam menelan dan merasa ada benjolan di tenggorokan
  • Suara serak
  • Mual dan muntah
  • Mengalami gangguan pernapasan seperti sesak napas dan batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Gangguan tidur
  • Isi lambung keluar tanpa disadari
  • Kerusakan gigi
  • Dan bau mulut

Perlu diketahui bahwa banyak orang yang sering menyalahartikan gejala gerd ini dengan gejala serangan jantung. Pasalnya, gejalanya ada yang sama yakni mengalami sensasi perih dan nyeri di bagian dada. Namun, gejala penyakit ini masih bisa dibedakan.

Jika serangan jantung, nyeri di ulu hati ini terasa lebuh berat dan menjalar sampai ke leher, rahang dan lengan. Sedangkan pada gerd tidak demikian.

Cara mengatasi gerd

Setelah mengetahui apa itu gerd dan gejalanya, Anda juga perlu tahu cara mengatasi gerd sebagai upaya penanganan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan seperti antasida, protonpump inhibitors seperti omeprazole dan lansopraxole, atau H-2 receptor blokers seperti ranitidine, cimetidine dan juga famotidine.

Nah, untuk mengetahui jenis obat mana yang cocok untuk dikonsumsi. Ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter agar lebih tepat. Tidak hanya mengonsumsi obat, Anda juga bisa melakukan perubahan pada gaya hidup agar gerd ini tidak kambuh kembali.

Bagaimana caranya? Caranya mudah seperti menurunkan berat badan jika obesitas, meninggikan kepala saat tidur, tidak merokok, tidak berbaring setelah makan, menghindari makanan pemicu asa lambung naik seperti alkohol dan soda, serta tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Pada dasarnya, seseorang bisa mengalami asam lambung kapan saja, terutama setelah makan terlalu banyak. Adapun asam lambung dikategorikan sebagai penyakit ketika ia muncul dalam kurun waktu dua kali dalam seminggu.

Nah, agar tidak menjadi semakin parah, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu gerd, gejala dan cara mengatasi gerd. Dengan demikian, munculnya penyakit ini dapat di minimalisir.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *