Categories
Kesehatan

Apa Itu Glucosamine? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Glucosamine

Apa itu glucosamine? Glucosamine jenis gula alami yang dibutuhkan tubuh untuk membuat tulang rawan baru. Ada banyak sekali produk dengan kandungan glucosamine yang dijual. Di mana obat ini termasuk dalam jenis vitamin atau suplemen makanan. Berikut ini penjelasan lengkap tentang glucosamine dari segi manfaat dan lainnya.

Manfaat Glucosamine

1. Mengobati Osteoarthritis

Glucosamine memiliki manfaat untuk mengobati osteoarthritis lutut karena adanya kandungan sulfat. Setelah minum vitamin ini rasa sakit akan hilang pada bagian lutut, pinggul, dan juga tulang belakang. Vitamin ini bisa menjadi solusi jangka panjang dari alternatif pengobatan NSAID. Nyeri punggung bawah kronis juga bisa memanfaatkan glucosamine.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa berisiko buruk bagi kesehatan. Vitamin ini bisa membantu menurunkan jumlah kolesterol di dalam tubuh, sehingga menjadi lebih stabil. Jumlah kolesterol yang diturunkan adalah low-density lipoprotein atau kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan tubuh.

3. Mengobati Penyakit Tulang

Glucosamine adalah jenis vitamin dengan kandungan chondroitin sulfat yang bermanfaat untuk menyembuhkan tulang rawan artikular, mengatasi nyeri, menyehatkan fisik, dan meningkatkan aktivitas bagi penderita penyakit Kashin-Beck (KBD).

4. Rheumatoid Arthritis

Glucosamine juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini yang bisa menyerang setiap sendi pada tubuh. Bahayanya penyakit ini bisa mempengaruhi organ lainnya seperti mata, paru-paru, dan hati. Di mana sendi akan terasa nyeri, kaku, bengkak, bahkan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Waktu Mengonsumsinya dan Dosis

Glucosamine merupakan jenis vitamin dan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur. Di mana kandungannya bisa bekerja optimal dan Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Selain itu Anda bisa memenuhi kebutuhan air dari pagi sampai malam harinya. Namun, bisa juga dikonsumsi di siang harinya sesuai dengan kebutuhan atau hasil konsultasi dengan dokter.

Adapun dosis minum glucosamine ini diatur sesuai berat badan yang disarankan yaitu untuk berat badan di atas 55 kg diminum sebanyak 3×2 tablet / harinya. Berbeda dengan Anda yang mempunyai berat badan di bawah 55 kg dosis minumnya hanya 3×1 tablet/ harinya. 

Anda harus hati-hati mengonsumsi glucosamine karena beberapa orang sebaiknya tidak mengonsumsinya seperti orang yang alergi kerang. Penderita diabetes, darah tinggi, penyakit ginjal, jantung, ibu hamil, dan menyusui tidak dianjurkan mengonsumsinya.

Cara Memilih Glucosamine

Buat Anda yang akan mengonsumsi glucosamine bisa menerapkan cara pemilihan yang tepat yaitu melihat dari bahan lain yang ada di dalamnya. Pilihlah glucosamine dengan kandungan kondroitin dan hyaluronic acid yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama pada bagian sendi.

Lebih baik lagi jika Anda memilih kolagen tipe II yang bisa membantu untuk membuat tubuh menjadi lebih fit selama beraktivitas tanpa masalah persendian. Pilihlah glucosamine yang bentuk dan ukurannya lebih mudah dikonsumsi. Tablet merupakan pilihan yang tepat karena Anda bisa mengonsumsinya dengan cepat dan pilih yang ukurannya tidak besar.

Cara memilih berikutnya dengan melihat kemampuan proses penyerapan glucosamine di dalam tubuh. Pilih yang penyerapannya cepat dan bebas alergen. Bagian yang paling pentingnya pastikan glucosamine yang dibeli sudah memiliki BPOM agar tidak memiliki risiko buruk saat dikonsumsi.

Apa itu Glucosamine? Glucosamine adalah pilihan yang tepat untuk membantu pengobatan sendi dan bagian tubuh yang berhubungan dengan tulang. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *