Categories
Penyakit

Apa Penyebab Penyakit Bronkitis? Ini Dia Penjelasannya

Apa Penyebab Penyakit Bronkitis

Jika Anda sering mengalami batuk yang disertai dengan lendir, serta sudah berlangsung lebih dari dua minggu. Sebaiknya Anda perlu waspada dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit bronkitis. Agar kondisi tersebut tidak semakin parah, sebaiknya kenali apa penyebab penyakit bronkitis dan bagaimana upaya untuk mencegahnya.

Pengertian Bronkitis

Bronkitis adalah infeksi yang mempengaruhi saluran udara utama paru-paru, atau yang disebut bronkus. Akibatnya akan terjadi inflamasi atau peradangan pada paru-paru yang akan menimbulkan gangguan pernapasan. Penderita bronkitis biasanya mengalami batuk lendir yang sangat mengganggu.

Penyakit bronkitis sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu: Bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut merupakan kondisi bronkitis yang cukup umum. Biasanya, jenis bronkitis ini berlangsung selama beberapa minggu (dua atau tiga minggu) dan kemudian hilang. Pasien yang paling sering terserang penyakit ini adalah anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Sedangkan, bronkitis kronis merupakan kondisi bronkitis yang lebih serius yang terjadi terus menerus atau berulang kali. Jenis bronkitis ini disebabkan oleh infeksi bronkial dan berlangsung setidaknya selama dua hingga tiga bulan dalam satu tahun dan dapat kambuh di tahun berikutnya. Bronkitis kronis umumnya sering dialami oleh orang dewasa diatas usia 40 tahun.

Gejala dari Bronkitis

Batuk adalah gejala umum dan paling mudah ditemukan pada penyakit ini. Batuk yang Anda alami bisa berupa batuk berdahak atau batuk kering. Dahak yang dikeluarkan pada penderita batuk berdahak umumnya bisa berwarna putih, hijau, atau kuning keabu-abuan. Selain itu, menderita penyakit ini juga bisa disertai gejala lain yaitu:

  • Demam
  • Sesak napas
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Badan pegal dan nyeri

Selain batuk, gejala ini bisa mereda dalam waktu seminggu. Saat batuk, bisa berlangsung dari beberapa minggu hingga beberapa bulan. Oleh karena itu, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika gejala batuk terus berlangsung selama lebih dari 3 minggu. Pasalnya, gejala awal penyakit ini hampir mirip flu dan sulit dibedakan.

Penyebab Bronkitis

Setelah mengetahui gejalanya, lalu apa penyebab penyakit bronkitis? Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus yang menyebabkan pilek dan flu. Infeksi paru-paru pada kebanyakan kasus bronkitis akut disebabkan oleh virus. Iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh infeksi menyebabkan bronkus menghasilkan lebih banyak lendir.

Sedangkan bronkitis kronis biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, baik pasif maupun aktif. Selain itu, udara yang terkontaminasi, debu, bahan kimia, atau gas beracun di lingkungan sekitar juga dapat berkontribusi pada timbulnya penyakit ini.

Ada zat dalam setiap hisapan rokok yang berpotensi merusak bulu-bulu halus di paru-paru yang disebut bulu siliaris. Seiring waktu, kandungan dalam rokok ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada bulu siliaris dan lapisan dinding bronkus.

Cara Mencegah Penyakit Bronkitis

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini, Anda bisa melakukan hal berikut: Jangan merokok dan menjauhlah dari perokok pasif. Mendapatkan vaksinasi flu. Menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Serta mengenakan masker di lingkungan udara yang buruk.

Selain hal di atas, perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor dengan resiko yang mungkin lebih rentan terhadap penyakit ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya: Wanita yang merokok lebih berisiko dibandingkan pria, penderita asma, sistem kekebalan yang lemah, serta orang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru.

Seperti itulah apa penyebab penyakit bronkitis dan bagaimana cara mencegahnya. Selain dengan menerapkan upaya tersebut. Anda juga bisa memulai untuk melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit bronkitis.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *