Categories
Uncategorized

Apa Saja Kandungan Yang Ada Di Santan Kelapa?

Ibu-ibu pasti sudah tahu santan kelapa itu apa, santan kelapa ini adalah salah satu bahan dasar untuk memasak yang paling banyak digunakan. Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dibuat dari santan kelapa tersebut, contohnya saja opor ayam, rendang dan gulai padang. Selain itu ada juga manfaat lainnya yaitu kandungan santan kelapa untuk tanaman, maksudnya adalah santan kelapa ini bisa dijadikan pupuk. Sudah banyak yang mencoba pupuk dari santan kelapa ini dan ternyata benar-benar membuat tanaman bisa subur, hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan yang ada di santan tersebut. Untuk kandungannya sendiri ada gula, kalori, karbohidrat, protein, vitamin C dan juga folat.

Apakah Berbahaya Mengonsumsi Makanan Dari Santan Kelapa?

Sudah banyak sekali dilakukan penelitian tentang manfaat santan kelapa dan hasil penelitiannya adalah santan kelapa itu bisa membuat badan sehat tetapi kalau porsinya itu tepat. Kalau porsinya itu sampai kebanyakan jelas bukannya akan sehat malah badan akan bermasalah. Biasanya kalau makan santan banyak-banyak itu pada waktu lebaran, pada waktu lebaran ini semua makanan itu dibuat dari santan semuanya makanya tidak bisa mengontrol berapa yang harusnya dimakan. Jika makannya terlalu banyak bisa-bisa akan mengalami beberapa dampak buruk seperti di bawah ini.

·         Menimbulkan Alergi

Setiap orang pastinya akan punya alergi dan salah satu contoh alergi adalah alergi kacang-kacangan. Kalau punya alergi seperti itu baiknya hindari saja makanan dari santan sebab makanan dari santan ini bisa saja memicu terjadinya alergi tersebut. Rata-rata yang memiliki alergi tersebut dan makan santan pasti dampaknya buruk sekali dan efek sampingnya bukan ringan lagi tetapi berat. Makanya kalau sampai kambuh alerginya harus langsung ke dokter agar bisa ditangani, meskipun begitu kandungan santan kelapa untuk tanaman itu bagus sekali.

·         Membuat Susah Buang Air Besar

Jika sedang diare memang bagus makan santan karena santan itu mengandung serat yang banyak sekali, makanya kalau diare cepat sembuh karena kebutuhan serat jadi terpenuhi. Tetapi kalau lancar pencernaannya dan terlalu banyak makan santan pastinya yang terjadi adalah susah sekali untuk buang air besar alias sembelit.

·         Kolesterol

Kalau kandungan santan kelapa untuk tanaman itu bagus jika banyak tetapi kalau untuk tubuh bisa saja tidak bagus sebab santan kelapa sendiri kandungan lemak jenuhnya sangatlah banyak. Lemak yang terkandung di santan ini bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi, untuk kandungan lemaknya sendiri itu 40 gram dalam satu cangkir. Jadi kalau memang punya riwayat kolesterol baiknya hindari santan kelapa saja.

·         Berat Badan Bertambah

Kalau sedang diet maka jauhi saja santan sebab santan ini selain mengandung lemak yang banyak juga kandungan gula yang cukup tinggi. Kalau setiap harinya rutin makan santan pasti berat tubuh bisa bertambah terus, nantinya program diet yang sudah direncanakan malah gagal karena makanan tersebut.

Apakah Santan Kelapa Bisa Dijadikan Pupuk?

Sekarang ini membuat pupuk itu tidak sulit karena banyak yang bisa dijadikan pupuk, misalnya saja ampas kelapa dan juga santan kelapa. Kalau memakai pupuk dari ampas kelapa ini tanaman jadi cepat tumbuh dan juga akan subur sekali sebab ampas dan santan itu banyak kandungan protein dan lemaknya. Jadi tidak heran kalau kandungan santan kelapa untuk tanaman memang terbukti benar.

Ingin tahu manfaat santan kelapa lainnya? Simak saja di Ngovee. Untuk memperoleh vitamin juga suplemen, download saja aplikasi Jovee di Google Play Store dan App Store.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *