Categories
Uncategorized

Apa Saja Penyebab Air Tercemar

Air merupakan hal yang menjadi kebutuhan dasar dari manusia, sehingga penyebab air tercemar perlu diketahui supaya menghindari pencemaran. Kebutuhan akan air bersih menjadi hal yang utama, dan sekarang ini memang sudah ada banyak sekali kasus kekurangan air bersih. Banyak orang yang masih mengonsumsi air tercemar karena mungkin tidak tahu kalau airnya itu tercemar. Ada banyak penyebab air itu bisa jadi tercemar, nah berikut ini kami akan jelaskan kepada kalian semua soal hal itu.

Ciri Air Tercemar

Pertama mari kita ketahui dan kenali dulu seperti apakah ciri dari air yang sudah tercemar oleh beberapa zat berbahaya bagi tubuh. Karena kan tetap harus dipahami dulu itu soal seperti apakah air yang tercemar itu, supaya kalian bisa berhenti untuk mengonsumsinya. Nah air tercemar itu memang ada banyak sekali cirinya, mulai dari yang bisa dideteksi dengan mudah sampai yang melalui lab. Nah berikut beberapa ciri yang bisa dengan mudah kalian lihat dari air yang tercemar itu.

1.     Berbau

2.     Berwarna

3.     Meninggalkan Noda

4.     Kotor

5.     Memiliki Rasa Aneh

6.     Berbusa

7.     Terjadi Perubahan Suhu Air

Ketika kalian menemui air yang memiliki beberapa ciri di atas, maka kemungkinannya sangatlah besar kalau air itu sudah tercemar. Jadi sebaiknya hentikan konsumsi air tersebut sesegera mungkin karena itu adalah hal yang sangat berbahaya. Kalian bisa mulai melihat lingkungan sekitar untuk memperkirakan penyebab air tercemar yang kalian temui itu untuk memastikan air tercemar.

Faktor Yang Menyebabkan Air Tercemar

Nah ada beberapa faktor nih yang sebenarnya bisa membuat air itu bisa menjadi tercemar dan akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi terus menerus. Berikut ini beberapa penyebab dan faktor yang bisa membuat air itu bisa jadi tercemar dan sangat berbahaya bila dikonsumsi.

1.     Limbah Rumah Tangga

Salah satu penyebabnya adalah limbah rumah tangga yang mungkin tidak terbuang di saluran yang tepat. Limbah rumah tangga itu seperti misalnya detergen, dan beberapa pembuangan dari rumah tangga.

2.     Limbah Pabrik

Kedua adalah limbah pabrik atau industri, di mana dalam menghasilkan produk sudah pasti akan ada limbah termasuk limbah cair. Nah limbah cair yang dibuang ke sungai atau laut tanpa adanya pengolahan lebih dahulu untuk membersihkannya akan membuat air tercemar. Bisa jadi akan membuat sumber air masyarakat juga akan jadi tercemar dan menjadi sangat berbahaya. Itulah mengapa setiap pabrik pasti diminta mengolah limbahnya supaya tidak jadi penyebab air tercemar.

3.     Sampah

Faktor yang ketiga adalah sampah, di mana sering sekali orang Indonesia itu membuang sampah sembarangan ke sungai. Bukan hanya bisa menyebabkan banjir, akan tetapi juga bisa menyebabkan air sungai itu akan tercemar dan berbahaya. Baik sampah organik ataupun non organik bisa mencemari air yang bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh.

4.     Penggunaan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan   

Penggunaan bahan peledak pun sebenarnya bisa mencemari air ya, bukan hanya ekosistemnya saja yang rusak. Itulah mengapa adanya pelarangan untuk menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan pada jaman sekarang. Karena sangat mungkin akan jadi penyebab air tercemar dan bisa membahayakan masyarakat banyak nantinya.

Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat memang harus selalu mengonsumsi air yang masih bersih dan tidak tercemar. Nah untuk mengenalinya kalian bisa memanfaatkan informasi dari Ngovee, di sana sangat lengkap. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *