Categories
Penyakit

Apa Sebenarnya Penyebab Tipes? Ini Penjelasan Lengkapnya

Penyebab Tipes

Keberadaan penyakit saat ini semakin marak terjadi terutama di lingkungan kumuh yang kebersihannya kurang.. Salah satu penyakit akibat infeksi bakteri yang banyak ditemui adalah tipes. Lalu apa sih sebenarnya penyebab tipes itu?

Mengenal Apa Itu Tipes

Tipes atau kerap dikenal dengan nama typhus adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau kuman riketsia. Penyakit ini bisa ditularkan oleh tungau atau kutu ketika mereka menggigit dan memasukkan mulutnya ke bawah bagian kulit. Hewan dari golongan arthropoda yang membawa bakteri penyebab tipes bisa membuat Anda terjangkit penyakit ini.

Ada tiga tipe dari tipes itu sendiri yakni epidemic, endemic, dan juga scrub tipes. Tipe tipes yang dialami bergantung pada apa yang menggigit Anda misal saja kutu maka nantinya tergolong tipe epidemic. Hal ini karena carrier dari tipes sendiri bisa berbeda-beda bergantung pada jenis artropodanya.

Gejala penyakit tipes seringkali muncul dalam kurun waktu 1-3 minggu setelah terjadi infeksi pertama. Beberapa gejala yang ditimbulkan berupa suhu tubuh yang tinggi, sakit kepala, tidak nafsu makan hingga bercak kemerahan pada kulit. Pada tahap serius, tipes bahkan bisa menyebabkan komplikasi serius seperti misalnya pendarahan di bagian usus.

Wabah Tipes di Dunia

Umumnya, tipes hanya menyebar di negara-negara berkembang saja seperti Indonesia, India, dan Afrika. Hal ini karena biasanya negara berkembang memiliki kualitas sanitasi yang masih tergolong buruk. Negara maju seperti Amerika Serikat mungkin menularkan tipes ketika sedang traveling tetapi memang presentasenya sangat rendah.

Penyakit tipes sebenarnya tidak begitu berbahaya jika tidak terjadi komplikasi dengan penyakit lain yang bisa muncul. Tapi jangan pernah meremehkan tipes karena keterlambatan pengobatan bisa menyebabkan resiko sangat fatal. Sangat penting untuk segera menemui tenaga kesehatan ketika mengalami gejala-gejala yang mencerminkan penyakit tipes.

Bakteri Penyebab Tipes

Penyakit tipes sendiri tergolong ke dalam penyakit yang tidak bisa ditularkan melalui manusia ke manusia lainnya melalui flu ataupun bersin. Tiga tipe tipes yang sudah diberikan tadi memang memiliki bakteri penyebab yang berbeda-beda dan ditransmisikan melalui arthropoda yang berbeda pula. Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Tipes Epidemic

Tipe tipes yang pertama ini disebabkan oleh bakteri Rickettsia prowazekii yang biasa dibawa oleh kutu tubuh ataupun kutu biasa. Penyebab tipes ini bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia terutama di tempat-tempat yang memiliki sanitasi dan kebersihan yang buruk. Jadi sangat penting untuk mengatur sanitasi yang baik serta menjaga kebersihan lingkungan ya!

2. Tipes Endemik

Penyakit tipes endemic biasa juga diketahui dengan nama tipes murine. Penyebab utama penyakit tipe ini disebabkan oleh bakteri yang sama, Rickettsia prowazekii tetapi dibawa oleh tikus atau kucing. Hampir seluruh dunia mengalami penyakit tipes endemic ini terutama di tempat yang manusianya mengalami kontak dengan tikus.

3. Tipes Scrub

Jenis tipes yang terakhir ini disebabkan oleh bakteri berbeda, yakni Orientia tsutsugamushi dan biasa dibawa oleh larva tungau. Jenis tipe ini sangat mudah ditemui di kawasan Asia Pasifik termasuk di dalamnya Indonesia sendiri. Kutu bisa menyebarkan penyakit ini dengan cara berbeda yakni melalui kotorannya serta gigitannya bahkan melalui luka kecil di badan.

Penyakit dan penyebab tipes sendiri sangat mudah ditemui dan memang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Menjaga kebersihan dan tetap memperhatikan hewan yang berpotensi bisa menjadi penting untuk dilakukan. Pastikan sistem sanitasi juga diperbaiki karena bakteri bisa bertahan melalui penyebaran urin orang yang menderitanya.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *