Categories
Obat

Bagaimana Cara Mengobati Demam Tifoid?

Demam tifoid atau dikenal juga penyakit tipes dapat disembuhkan. Cara untuk pengobatan demam tifoid adalah dengan meminum antibiotik yang urine telah diresepkan oleh dokter. Antibiotik yang diresepkan oleh dokter ada banyak tinggal pilih saja yang dianjurkan oleh dokter. Dari beberapa contoh antibiotik ini juga harus diimbangi dengan banyak minum air putih hangat minimal 10 gelas. Untuk memulihkan juga dengan cara bed rest yang maksimal untuk memulihkan tenaga. Selama terkena tipes maka harus makan makanan yang mudah dicerna agar usus tidak luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Ketika Demam Tifoid

Demam tifoid menyerang sistem pencernaan. Usus mengalami luka sehingga harus berhati-hati agar tidak memperparah keadaan usus. Penderita tipes harus jeli dalam memilih makanan dengan mencari tahu makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan ketika mengalami demam tifoid. Makanan yang tidak boleh dimakan ketika demam tifoid diantaranya:

·         Makanan Yang Tinggi Kalori

Karena tipes menyerang pencernaan maka harus tahu makanan apa saja yang bisa memperparah kerja usus di dalam tubuh. Salah satu makanan yang tidak harus dimakan adalah makanan yang memiliki tinggi kalori. Ketika makan makanan dengan kalori tinggi maka kerja dari usus juga akan lebih keras lagi dan itu akan melukai dinding usus. Contoh jenis makanan kalori tinggi adalah cokelat, tepung, kacang. Makanan tersebut bukan tidak boleh dimakan tetapi harus sangat diminimalkan dimakan oleh yang sedang menderita tipes dan itulah pengobatan demam tifoid.

·         Makanan Tinggi Protein

Makanan yang tinggi protein akan mengakibatkan kerja dari saluran cerna menjadi meningkat. Oleh karena itu pada saat menderita tipes sebaiknya mengurangi makan makanan seperti kacang almond, gandum, daging sapi dan telur. Tetapi karena tubuh butuh protein juga berarti makan dengan porsi yang normal saja.

·         Makanan Yang Tinggi Serat

Pada saat menderita tipes harus pintar memilih menu makanan yang bagus untuk usus karena itu merupakan pengobatan demam tifoid. Usahakan makan makanan yang mudah dicerna usus seperti buah naga, pepaya, alpukat, pisang dan pir. Makanan yang mudah dicerna akan membantu pemulihan usus.

·         Makanan Yang Bertekstur Keras

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat tipes adalah makanan yang bertekstur keras. Hal ini karena makanan yang susah dicerna maka akan menyebabkan tidak kunjung sembuh. Makanan pedas dan asam juga sangat jangan dimakan ketika tipes. Karena makanan itu bisa membuat usus luka. Makanan pedas juga asam bisa merusak usus dan meninggalkan bekas luka dan susah untuk disembuhkan. Makanan bersantan dan berminyak dilarang dimakan penderita tipes. Makanan bersantan akan susah dicerna usus dan memerlukan proses metabolisme yang lama oleh usus.

Dampak Buruk Terkena Demam Tifoid

Jika terkena tipes kalau dibiarkan maka akan menyebabkan dampak yang lebih buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu akan menimbulkan komplikasi. Contohnya yaitu mengalami dehidrasi, jika dehidrasi dialami oleh anak-anak maka akan sangat fatal karena bisa menyebabkan kematian. Jika dehidrasi terlalu lama maka tubuh akan kekurangan cairan dan akan sangat lemas dan tidak ada tenaga. Untuk itu maka harus selalu menjaga kesehatan dan juga lakukan pengobatan demam tifoid sehingga penyakit tipes cepat sembuh.

Konsultasi gratis bersama dokter dan beli obat rutin. Download saja aplikasi Lifepack lewat Playstore juga Appstore, apotik online untuk menebus resep obat. Solusi berobat tidak antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *