Categories
Kesehatan Tips

Beberapa Makanan dan Minuman Mengatasi Insomnia

Ada berbagai makanan dan minuman untuk insomnia yang bisa mengatasi masalah tersebut tanpa harus meminum obat yang sekarang banyak ditemukan. Insomnia sendiri menjadi sebuah masalah yang dialami hampir sebagian besar orang di kota besar. Insomnia atau susah tidur tentu bisa mengakibatkan kurang tidur. Jika sudah begitu maka tubuh akan terasa lemas keesokan harinya, sulit berkonsentrasi, hingga bisa mengalami gangguan kesehatan. Namun jangan sesekali menjadikan obat tidur sebagai solusinya.

Berikut ini makanan dan minuman untuk mengatasi masalah insomnia:

Pisang

Buah pisang ternyata dapat mengatasi masalah susah tidur. Pisang memiliki kandungan melatonin dan tryptophan (yang nanti diubah menjadi serotonin) bisa membantu agar dapat tertidur. Ada juga kandungan magnesium sehingga membantu mengatasi masalah otot tubuh yang tegang sehingga akan terasa lebih rileks.

Oatmeal

Biasanya orang tidak akan bisa tidur saat perut lapar. Cobalah untuk mengkonsumsi havermut atau oatmeal. Makanan ini kaya akan karbohidrat sehingga bisa merangsang produksi serotonin secara alami sehingga meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan lebih lambat dalam bekerja. Jadi perut akan terasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga dapat memicu produksi insulin sehingga membuat kadar gula dara meningkat yang memberikan rasa kantuk. Bahkan kandungan melatonin bisa membuat tubuh jadi rileks dan membuat cepat tertidur.

Susu dan Madu

Makanan dan minuman untuk insomnia selanjutnya adalah susu hangat dan madu. Meminum susu di malah hari bisa membantu agar tidur nyenyak. Dalam segelas susu terdapat asam amino dan tryptophan. Selain itu, madu juga bisa mengatasi masalah insomnia karena kaya akan glukosa yang memberitahu otak agar menurunkan kinerja oreksin. Cukup satu sendok madu jika ingin tidur nyenyak.

Teh Relaksasi

Meski teh mengandung kafein, beberapa jenis teh bisa memberikan efek penenang yang memudahkan proses tidur. Teh khusus relaksasi yang populer untuk masalah insomnia seperti teh herbal dan peppermint. Selain itu, chamomile juga begitu baik jika diminum sebelum tidur karena terdapat kandungan glisin sehingga menenangkan otot dan saraf.

Kacang-kacangan

Menjadikan kacang kacangan sebagai salah satu cemilan makanan dan minuman untuk insomnia juga bisa membantu. Tapi bukan sembarangan kacang. Salah satu jenis kacang untuk insomnia adalah almond. Magnesium yang tinggi dan triptofan dalam kacang almond bisa membantu mengurangi fungsi otak dan saraf. Bahkan bisa menstabilkan detak jantung agar cepat mengantuk. Selain almond, ada juga kacang kenari dan brasil sebagai cemilan yang baik karena adanya kalium, protein, dan selenium sehingga membuat hormon untuk tidur bekerja dengan baik.

Salad

Tidak hanya baik dimakan waktu malam hari karena tidak akan menambah berat badan, salad juga bisa membantu tidur lebih nyenyak karena adanya selada. Lactucarium yang terdapat di dalam selada dapat melemaskan otak karena memiliki sifat sedatif.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa mengatasi masalah insomnia. Dengan mengetahui apa saja makanan dan minuman tersebut, masalah insomnia bisa diatas tanpa harus mengkonsumsi obat tidur. Selain itu, makanan dan minuman tersebut lebih sehat jika dikonsumsi.

Sekian informasi mengenai makanan dan minuman untuk insomnia. Semoga dapat membantu mengatasi masalah insomnia yang tengah Anda alami. Jangan sampai kurang tidur menghambat aktivitas di esok hari dan mengganggu kesehatan Anda.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *