Categories
Kesehatan Tips

Benarkah Kacamata Anti Radiasi Bisa Melindungi dari Radiasi Layar Komputer?

kacamata anti radiasi

Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop akan membuat mata Anda kelelahan, kering, merah, dan juga penglihatan menjadi kabur. Hal tersebut dikarenakan adanya sinar radiasi dari perangkat tersebut. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Namun, apakah hal tersebut memang benar adanya?

Apa Itu Kacamata Anti Radiasi?

Kacamata anti radiasi merupakan kacamata yang didesain untuk melindungi mata saat melihat layar komputer, smartphone atau perangkat digital lainnya. Pasalnya, radiasi sinar biru (Blu Ray) pada perangkat tersebut diyakini bisa menyebabkan sejumlah masalah pada mata. Sinar biru dapat membuat mata Anda lelah dan mengganggu kemampuan Anda untuk fokus pada layar.

Kacamata ini biasanya dilengkapi dengan lapisan lensa anti pantulan cahaya yang dapat mengurangi pantulan sinar radiasi dari komputer. Untuk Anda yang menatap layar komputer setiap hari tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kacamata ini dapat membantu mencegah ketegangan mata, sehingga meningkatkan kenyamanan penggunaan komputer Anda. 

Efektivitas Kacamata Anti Radiasi 

Resiko mempunyai pekerjaan yang diharuskan untuk terus-menerus menatap layar komputer mata Anda akan cepat lelah. Ini adalah salah satu gejala dari Computer Syndrome Vision (CSV). Apabila Anda sudah terkena CSV, produktivitas Anda akan mulai menurun. Sebab, adanya rasa tidak nyaman saat menatap komputer.

Tergantung pada orangnya dalam hal keefektifan penggunaan kacamata ini untuk melindungi mata. Karena manfaat ini mungkin tidak berlaku untuk sebagian orang, terutama untuk Anda yang memiliki masalah mata yang parah seperti katarak, memakai kacamata pelindung radiasi tidak akan membuat mata Anda semakin parah. 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna komputer mengalami berbagai masalah  pada mata. Oleh karena itu, kacamata ini bisa menjadi solusinya. Namun, sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mata untuk menentukan apakah perlu menggunakannya atau tidak.

Cara Mudah Melindungi Mata dari Blu Ray

Selain menggunakan kacamata anti radiasi. Sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk mencegah dan melindungi mata dari radiasi Blu Ray. Adapun cara-caranya sebagai berikut ini :

  1. Duduklah sekitar 50 cm dari layar komputer dan berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat. Selain itu, posisi layar yang tepat harus lebih rendah dari mata. 
  2. Jika perlu, kurangi cahaya pada layar untuk menghindari membutakan mata Anda. Karena cahaya yang terlalu menyilaukan bisa menimbulkan masalah mata. 
  3. Beristirahatlah secara teratur dengan aturan 20-20-20, maksudnya di mana setiap 20 menit, saat Anda menatap layar komputer, berpalinglah untuk melihat objek lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Lakukanlah secara berkala. 
  4. Saat mata Anda kering, gunakan obat tetes air mata buatan yang mengandung potassium chloride dan sodium chloride untuk melembapkannya. Pilih obat tetes mata yang nyaman untuk mata Anda.
  5. Sesuaikan pencahayaan ruangan dan tingkatkan kontras layar untuk mengurangi ketegangan mata. Pencahayaan ruangan yang terlalu terang atau gelap tentu tidak bagus, jadi sesuaikan pencahayaannya agar nyaman untuk mata Anda. 
  6. Jika Anda memakai lensa kontak, yang terbaik adalah mengistirahatkan mata Anda dengan kacamata karena memakainya terlalu lama dapat membuat mata Anda kering.

Seperti itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kacamata anti radiasi. Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *