Categories
Obat

Benarkah Manfaat Coenzyme Q10 untuk Kesuburan dan Kesehatan Reproduksi?

Manfaat Coenzyme Q10 untuk Kesuburan

Saat Anda sedang dalam program kehamilan, mengonsumsi suplemen yang mengandung Coenzyme Q10 sangat dianjurkan. Coenzyme Q10 sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, dalam beberapa kondisi bisa juga terjadi kekurangan enzim ini. Lalu benarkah manfaat Coenzyme Q10 untuk kesuburan. Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Coenzyme Q10?                                                      

Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Coenzyme Q10 (CoQ10) juga dikenal sebagai ubiquinone. Coenzyme Q10 dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesuburan dengan cara menjaga kualitas sel telur dan sperma.

Coenzyme Q10 sebenarnya diproduksi dan disimpan di dalam mitokondria sel, yang berperan dalam produksi energi dan melindungi sel dari kerusakan dan penyakit. CoQ10 terdapat di dalam tubuh, terutama pada organ yang membutuhkan energi yang paling banyak, seperti jantung, hati, ginjal, dan pankreas, termasuk organ reproduksi.

Senyawa ini juga dapat ditemukan pada makanan seperti jantung, hati, tuna, salmon, bayam, kembang kol, brokoli, jeruk, stroberi, dan pistachio.

Manfaat Coenzyme Q10

Salah satu fungsi CoQ10 adalah membantu menghasilkan energi untuk sel dalam tubuh. Sifat antioksidan yang ada dalam CoQ10 juga bisa melindungi sel dalam tubuh, termasuk sperma, ovum, dan organ reproduksi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain mendukung produksi energi dan mencegah kerusakan sel, CoQ10 juga berperan dalam mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah penyebab aterosklerosis. Selain itu, sifat lain dari antioksidan ini adalah dapat membantu pengobatan berbagai kondisi seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, kanker, dan fibromyalgia.

Walaupun tubuh bisa memproduksi sendiri senyawa CoQ10, namun ada kalanya produksinya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia Anda. Kekurangan CoQ10 dapat terjadi karena penyakit primer atau sekunder yang terkait dengan kekurangan CoQ10.

Selain itu, produksi antioksidan tersebut akan menurun seiring bertambahnya usia. Kekurangan koenzim Q10 berarti pasien membutuhkan tambahan asupan CoQ10 dari luar tubuh untuk memenuhi kebutuhan sel dan mencegah penyakit.

Kekurangan Kadar Coenzyme Q10

Memang benar kalau manfaat Coenzyme Q10 untuk kesuburan dan alat reproduksi pria dan wanita. Oleh sebab itu Anda perlu menjaga kadar CoQ10 dalam tubuh Anda. Produksi Coenzyme Q10 tubuh menurun seiring bertambahnya usia, dari awal/dewasa pertengahan hingga orang tua.

Produksi CoQ10 yang berkurang juga mengurangi perlindungan telur terhadap radikal bebas. Akibatnya, kualitas dan jumlah sel telur akan menurunkan kesuburan wanita. Efek serupa terjadi dengan sperma pada pria. Ketika produksi CoQ10 tubuh menurun, kuantitas dan kualitas sperma juga akan menurun.

Mengonsumsi suplemen CoQ10 dipercaya dapat mencegah penurunan kualitas dan jumlah sel telur dan sperma karena sifat antioksidannya. Namun konsumsi suplemen ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping antara lain sakit perut, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, dan reaksi alergi pada beberapa orang.

Konsumsi Suplemen Coenzyme Q10 dengan Benar

Untuk memperoleh manfaatnya, pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan ikuti petunjuk dokter Anda untuk menggunakan CoQ10. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa persetujuan dokter Anda. Konsumsi CoQ10 dengan atau tanpa makan.

Pastikan ada rentan waktu antara satu dosis dan dosis berikutnya. Ketika Anda lupa mengonsumsi suplemen CoQ10, disarankan untuk segera mengonsumsinya, selama jeda pada jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Namun, apabila jaraknya terlalu dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis konsumsi yang berikutnya.

Walaupun Anda bisa memperoleh manfaat Coenzyme Q10 untuk kesuburan, namun perlu diperhatikan juga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat saat melakukan program kehamilan. Sehingga program kehamilan yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *