Categories
Obat

Bingung Rovastar Obat Apa? Simak Ulasannya Berikut Ini

Rovastar Obat Apa

Rovastar atau juga dikenal dengan nama rosuvastatin memang bukan obat yang dikenal secara luas oleh masyarakat. Bahkan, mungkin sebagian besar dari Anda bertanya-tanya, rovastar obat apa sih? Rovastar sendiri merupakan obat yang dikonsumsi, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai obat ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Rovastar?

Rovastar atau rosuvastatin merupakan obat yang dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lalu meningkatkan kadar kolesterol baik. Pengonsumsiannya juga bisa menurunkan kembali kadar trigliserida yang tinggi dalam darah. Tentu saja, efek rovastar tersebut hanya bisa diperoleh jika dibarengi dengan pola makan yang sehat dan teratur.

Seperti yang Anda ketahui tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, merupakan sumber dari begitu banyak penyakit parah yang bisa menyerang tubuh. Penyakit parah tersebut di antaranya meliputi serangan jantung dan strok. Makanya, dengan mengonsumsi obat ini, risiko Anda menderita penyakit serius tersebut bisa berkurang, dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat.

Rovastar juga digunakan sebagai obat untuk menangani kondisi hiperkolesterolemia yang diwariskan dari salah satu atau kedua orang tua. Bagi hiperkolesterolemia yang diwariskan dari salah satu orang tua, rovastar bisa digunakan mulai dari umur 8 tahun. Sedangkan untuk yang diwariskan dari kedua orang tua, rovastar bisa dikonsumsi mulai dari umur 7 tahun.

Pengonsumsian rovastar untuk ibu hamil dan menyusui, serta pasien pengidap gangguan liver atau hati sama sekali tak dianjurkan. Pasalnya, pengonsumsian obat ini saat tengah hamil akan berakibat buruk pada janin yang sedang dikandung. Lalu, pengonsumsian obat ini oleh pengidap gangguan liver, bisa memicu rusaknya jaringan otot, sehingga mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.

Dosis dan Cara Pengonsumsian Rovastar

Pertanyaan terkait rovastar obat apa sudah terjawab, sekarang akan diulas mengenai dosis serta cara tepat pengonsumsiannya. Bagi pasien dewasa yang menderita hiperkolesterolemia dari kedua orang tua, dosisnya adalah sebanyak 20 miligram, yang dikonsumsi sekali sehari. Dosis bisa saja mengalami peningkatan, namun tak akan lebih dari 40 miligram per harinya.

Selanjutnya, bagi orang dewasa yang menderita aterosklerosis, dosisnya mulai dari 5 hingga 40 miligram yang dikonsumsi sekali sehari. Rovastar bisa dikonsumsi oleh anak-anak, namun dosisnya memang harus diberikan langsung oleh dokter. Mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang disarankan, akan memberikan efek secara optimal.

Pengonsumsian rovastar, baik yang berbentuk tablet atau kapsul, adalah dengan langsung ditelan, tanpa dikunyah atau dihaluskan terlebih dahulu. Bagi Anda yang sedang rutin mengonsumsi rovastar, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Pasalnya, pengonsumsian alkohol tersebut dalam memicu efek samping tertentu pada hati atau liver.

Efek Samping Pengonsumsian Rovastar

Pengonsumsian rovastar umumnya memicu efek samping seperti nyeri di bagian tubuh tertentu, tenggorokan kering, hidung berair, serta suara yang berubah. Umumnya, efek samping ringan ini akan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kondisi tersebut tak kunjung sembuh atau menghilang dan malah makin memburuk, segera periksakan diri ke dokter.

Obat ini juga bisa memicu efek samping yang terbilang serius, seperti kesulitan untuk bergerak, nyeri, kebas, dan kram pada otot. Jika efek samping yang serius ini Anda alami setelah mengonsumsi rovastar, Anda sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan tunggu hingga efek samping tersebut menjadi semakin memburuk.

Jika ada yang memberikan pertanyaan seperti, rovastar obat apa? Maka Anda bisa menjawabnya dengan mengatakan bahwa rovastar adalah obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pengonsumsian rovastar harus dilakukan sesuai dengan resep dokter, serta sesuai dengan aturan pengonsumsian yang diberikan pada kemasannya.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *