Categories
Kesehatan

Buah yang Mengandung Vitamin C adalah Tomat dan Jeruk

Mengandung Vitamin C adalah

Vitamin C menjadi salah satu unsur potensial atau unsur penting yang keberadaannya sangat penting dalam metabolisme tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh konsumsi vitamin C ini mulai dari kesehatan kulit hingga membantu fungsi sistem imun. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin C adalah jambu, tomat dan jeruk.

Keberadaan Vitamin C dalam Buah

Vitamin C merupakan salah satu unsur yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Sehingga kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi melalui konsumsi bahan makanan atau minuman yang memiliki kandungan vitamin C. Keberadaan vitamin C alami yang paling terkenal adalah dari tomat dan jeruk, beberapa buah lain yang tinggi vitamin C yaitu:

1. Paprika

Satu buah paprika hijau ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni hingga 109 mg. Paprika merah memiliki kandungan yang lebih rendah yakni hanya sekitar 65 mg saja. Meskipun buah paprika bisa memberikan sensasi pedas pada mulut, ternyata kandungan vitamin C dari buah ini cukup tinggi.

2. Jambu

Buah jambu sendiri merupakan buah yang berasal dari wilayah Amerika Selatan dan mexico tetapi bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Setiap satu buah jambu ternyata memiliki kandungan vitamin C sebesar 126 mg, lebih dari cukup untuk kebutuhan harian. Selain itu, kandungan antioksidan lycopene pada buah ini juga tinggi.

3. Blackcurrants

Meskipun buah blackcurrants cukup jarang dijumpai di Indonesia, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 56 gram buah ini memiliki kandungan hingga 101 mg vitamin C atau sebesar 112% dari kebutuhan harian tubuh. Warna hitam dari buah ini ternyata berasal dari antioksidan flavonoid yang disebut antocyanins sangat tinggi.

4. Kiwi

Seringkali konsumsi buah yang mengandung vitamin c adalah dalam bentuk jus, termasuk juga jus kiwi ini. Satu gelas jus kiwi ternyata bisa mengandung 167 mg vitamin C yang sama dengan 185% dari kebutuhan harian.

5. Jeruk

Masyarakat sudah pasti sudah mengenal buah jeruk sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Ternyata jika dibandingkan dengan buah lain, kandungan vitamin C di jeruk tergolong lebih rendah. Satu gelas jeruk saja hanya memiliki 96 mg vitamin C meskipun memang sudah melebihi kebutuhan harian tubuh.

6. Stroberi

Sebagai salah satu makanan primadona, buah kecil berwarna merah cerah ini ternyata punya kandungan vitamin C tinggi. Setiap gelas jus stroberi memiliki kandungan vitamin V sebanyak 98 miligram yang sama dengan 108% dari kebutuhan harian. Buah ini memang terasa sedikit masam karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi.

7. Tomat

Meskipun tidak begitu terkenal, buah tomat ternyata mampu memberikan vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Buah ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 20 mg hanya dalam satu buahnya saja pada kondisi belum dimasak. Kadar vitamin C ini bisa berkurang ketika sudah dimasak apalagi jika sudah terlalu matang.

8. Blewah

Blewah adalah salah satu buah yang mirip dengan melon dan memiliki berbagai kandungan nutrisi. Mulai dari vitamin C, tembaga, flavonoid, hingga potassium semuanya tersedia dalam buah satu ini. Satu buah, blewah memiliki kandungan vitamin C sebesar 30 mg, sebanding dengan kandungan nutrisi lainnya.

Sumber makanan lainnya yang mengandung vitamin C adalah parsley ataupun brokoli. Kebutuhan harian tubuh akan vitamin C bisa terpenuhi dengan pola makan yang baik dan pemilihan bahan makanan. Asupan vitamin C saat ini sudah bisa terbantu dengan banyaknya suplemen vitamin C yang beredar di pasaran.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *