Categories
Obat

Dexamethasone Fungsi, Dosis, Cara Pakai dan Efek Samping

Dexamethasone fungsi

Dexamethasone merupakan salah satu obat yang masuk ke dalam golongan kortikosteroid dan hanya boleh digunakan atas resep dokter. Obat satu ini tersedia dalam bentuk tablet 0,5 mg, sirup, injeksi dan tetes mata. Berikut ini informasi mengenai dexamethasone fungsi, dosis, cara pakai dan efek sampingnya.

Fungsi Dexamethasone

Dexamethasone berfungsi untuk mengobati penyakit seperti arthritis, gangguan hormon atau darah atau sistem kekebalan tubuh, reaksi alergi, masalah kulit dan mata, masalah pernafasan, gangguan usus dan kanker tertentu. Obat ini juga digunakan sebagai tes untuk mengetahui gangguan adrenal.

Obat ini mengandung hormon kortikosteroid (glukokortikoid) yang bisa menyebabkan berkurang nya respons pertahanan alami tubuh dan mengurangi gejala seperti reaksi alergi dan pembengkakan. Selain itu, dexamethasone juga bisa digunakan untuk mencegah mual dan muntah akibat kemoterapi kanker.

Seperti halnya obat kortikosteroid yang lainnya, apabila mengonsumsi dexamethasone dalam jangka panjang Anda tidak boleh menghentikannya secara tiba-tiba. Biasanya dokter akan menurunkan dosis secara bertahap sebelum menghentikan obat ini.

Dosis Dexamethasone

Biasanya dokter akan meresepkan obat dexamethasone tergantung pada kondisi yang diderita pasien. Untuk sediaan tablet dan digunakan untuk mengatasi peradangan dan penyakit autoimun, dosis awal yang diberikan pada pasien dewasa adalah 0,5 sampai 9 gram per hari. Dan dosis maksimal adalah 1,5 gram per hari.

Sedangkan pada pasien anak-anak, dosis awal adalah 0,02 sampai 0,3 gram per kg berat badan per hari, dibagi menjadi 3 sampai 4 kali konsumsi. Dosis biasanya akan disesuaikan dengan tingkat keparahan pasien dan respon pasien.

Pada pasien dewasa dengan multiple sclerosis maka dosis awal yang diberikan adalah 30 mg per hari selama 1 minggu, dan 4 sampai 12 mg per hari selama 1 bulan. Dosis yang diberikan untuk mengobati radang mata pada dewasa adalah 1 tetes, 4 sampai 6 kali per hari. Sedangkan dosis dexamethason dalam bentuk injeksi akan ditentukan oleh dokter untuk pengobatan radang sendi.

Cara Pakai Dexamethasone

Minumlah obat ini sesuai dengan arahan dokter. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan makan atau susu untuk mencegah sakit perut. Anda juga bisa mengonsumsi dexamethasone dengan segelas penuh air. Apabila Anda mengonsumsi dalam sediaan cair, sebaiknya gunakan sendok obat.

Minumlah dexamethasone secara rutin sebelum jam 9 pagi. Biasanya dosis dan lamanya pengobatan akan didasarkan pada kondisi medis Anda. Jika ingin menghentikan pemakaian, dokter akan mengurangi dosis Anda secara perlahan-lahan untuk meminimalkan efek samping.

Minumlah secara teratur agar dexamethasone fungsi yang kita dapatkan optimal. Konsultasikan kepada dokter mengenai berapa lama Anda harus mengonsumsi dexamethasone, dan jangan pernah berhenti tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Efek Samping Dexamethasone

Dexamethasone dapat menimbulkan beberapa efek samping. Namun, tidak semua yang mengonsumsi dexamethasone akan merasakan efek samping. Apabila Anda merasa memiliki beberapa efek samping di bawah ini, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

  • sakit perut
  • muntah
  • sakit kepala
  • insomnia
  • mudah memar
  • kelemahan otot
  • gelisah
  • peningkatan pertumbuhan rambut
  • gangguan penglihatan
  • nyeri otot
  • bengkak pada wajah atau pergelangan kaki
  • ruam kulit
  • keringat berlebih

Penggunaan obat ini dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang serius seperti moon face ( wajah membulat seperti bulan), rentan terhadap infeksi, dan peningkatan gula darah. Maka dari itu, lebih baik Anda mengurangi interaksi dengan orang yang sedang mengalami infeksi atau orang yang baru saja melakukan vaksin.

Itulah beberapa informasi mengenai dexamethasone fungsi, dosis, cara pemakaian dan efek samping. Pastikan Anda tidak mengonsumsi obat ini secara sembarangan. Selalu konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengonsumsi obat ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *