Categories
Obat

Dexamethasone Obat Apa Sih? Ini Penjelasannya

Dexamethasone Obat Apa

Upaya untuk menemukan vaksin dan juga obat untuk bisa mengatasi penyebaran virus Corona hingga saat ini terus diusahakan oleh berbagai negara. Beberapa bulan yang lalu, Dexamethasone menjadi buah bibir karena efektif untuk mengurangi resiko kematian akibat virus Corona. Benarkah demikian? Jika benar, sebenarnya Dexamethasone obat apa sih?

Apa Itu Dexamethasone?

WHO sempat merekomendasikan kalau obat Dexamethasone sangat bagus untuk penanganan virus Corona. Walaupun direkomendasikan, nyatanya, Dexamethasone tidak bisa menangkal virus Corona. Obat ini termasuk golongan Kortikosteroid yang bekerja mengurangi peradangan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Dexamethasone adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati peradangan atau inflamasi, penyakit autoimun, dan juga reaksi alergi. Obat ini cukup banyak digunakan oleh penderita penyakit itu dan bisa dengan mudah ditemukan di apotek seluruh Indonesia.

Dexamethasone biasanya dikemas dengan dosis 0,5 mg. Obat anti inflamasi ini termasuk dalam kategori obat kortikosteroid. Arti kortikosteroid itu sendiri berarti bahwa ketika menggunakan obat golongan ini untuk jangka panjang atau lama, pengguna tidak dapat langsung berhenti menggunakannya.

Dalam kasus konsumsi jangka panjang, pengguna harus dapat mengurangi dosis secara bertahap. Hanya dengan begitu Anda akhirnya bisa berhenti menggunakan Dexamethasone sepenuhnya. Prosesnya pun harus diawasi oleh dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan penggunanya.

Fungsi Dexamethasone

Obat ini mirip dengan hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Dexamethasone sering digunakan untuk menggantikan bahan kimia ini ketika tubuh tidak cukup memproduksinya. Obat ini mengurangi peradangan. Secara umum, tablet Dexamethasone digunakan untuk mengobati peradangan, kondisi yang berkaitan dengan aktivitas kekebalan, dan defisiensi hormon.

Cara Kerja Dexamethasone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Dexamethasone merupakan salah satu jenis obat kortikosteroid. Artinya obat ini merupakan kortikosteroid sintetis, yang juga mengandung kortisol dan aldosteron yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal. Hormon kortikosteroid ini berperan dalam mengatur respons tubuh terhadap peradangan.

Berkat Dexamethasone, peradangan akan berkurang, menghentikan sel memproduksi bahan kimia yang biasanya digunakan untuk merangsang kekebalan dan respons alergi. Dexamethasone juga menurunkan tingkat sel darah putih dalam sirkulasi darah sehingga dapat mengobati penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem kekebalan yang menyerang jaringan tubuh sendiri.

Perhatikan Hal ini Sebelum Mengkonsumsi Dexamethasone

Setelah mengetahui Dexamethasone obat apa, perhatikan hal berikut ini sebelum Mengkonsumsi Dexamethasone. Anda sangat disarankan untuk mendiskusikan kesehatan dan Mengkonsumsinya dengan dokter terlebih dahulu. Sebutkan masalah kesehatan, makanan, obat, atau alergi kimia yang mungkin terkandung dalam obat.

Penderita atau pasien yang memiliki rekam medis tuberkulosis, diabetes, herpes, infeksi jamur, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, serta penyakit organ dalam lainnya harus berhati-hati sebelum mengonsumsi Dexamethasone. Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter sebelum minum obat ini ketika Anda akan divaksinasi karena kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi.

Efek samping Dexamethasone juga lebih mungkin terjadi pada lansia, terutama yang menderita osteoporosis. Hindari mengkonsumsi alkohol atau obat pereda nyeri lainnya tanpa anjuran dokter. Pasalnya, interaksi Dexamethasone dengan keduanya bisa menyebabkan pendarahan lambung.

Orang tua yang sudah lama meminum obat ini dan mempunyai anak sebaiknya memeriksakan anaknya secara rutin ke dokter. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan obat-obatan tersebut mempengaruhi perkembangan anak atau tidak.

Dan yang terakhir, Dexamethasone bisa menyebabkan sakit kepala dan pusing. Oleh sebab itu, setelah mengkonsumsi obat ini, jangan melakukan kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti mengemudi mobil atau memegang alat berat.

Dengan mengetahui Dexamethasone obat apa. Jika Anda ingin mengkonsumsi obat tersebut ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *