Categories
Obat

Domperidone Obat Apa? Temukan Jawabannya di Sini!

Domperidone Obat Apa

Domperidone obat apa? Pasti pertanyaan itu sering muncul dari para pasien.  Domperidone adalah golongan obat antiemetik yang bermanfaat untuk meredakan rasa mual dan muntah, gangguan di perut, dan rasa tidak nyaman karena kekenyangan. Nah, berikut ini informasi lengkap tentang obat domperidone.

Cara Kerja     

Obat ini bekerja dengan cara mempercepat proses pencernaan makanan didalam lambung. Hal ini membuat rasa mual dapat dihentikan. Namun, dalam penggunaannya domperidone harus dikonsumsi secara tepat karena obat ini berisiko mengganggu detak jantung.

Dosis

Setiap orang pasti mengonsumsi obat dengan dosis yang berbeda-beda sesuai dengan resep dokter. Sebelum Anda mengonsumsi obat domperidone, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Berikut dosis obat domperidone.

1. Mual dan Muntah

  • Dewasa diberikan dosis 10 mg, untuk 3 kali sehari, maksimal 30 mg per hari
  • Anak-anak usia kurang dari 12 tahun dan berat badan kurang dari 35 kg diberikan 250 mcg/kg hingga 3 hari sekali, dan dosis maksimal adalah 750

2. Gangguan Motilitas Gastrointestinal

  • Dewasa diberikan dosis 10 mg, untuk 3 kali sehari, dan dosis maksimal adalah 30 mg per hari

3. Mual dan Muntah

  • Dewasa diberikan dosis 30 mg, untuk 2 kali sehari
  • Anak-anak kurang dari 12 tahun dan berat badan lebih dari 15 kg diberikan dosis 750 mcg/ kg untuk dua kali sehari, sedangkan anak-anak usia lebih dari 12 tahun dan berat badan lebih dari 35 kg diberikan dosis yang sama dengan orang dewasa
  • Lansia tidak ada penyesuaian dosis

Efek Samping

Efek samping biasanya terjadi karena Anda mengonsumsi obat yang dianjurkan dengan dosis yang berlebihan. Maka dari itu, sebaiknya sebelum mengonsumsi obat Anda harus benar-benar memperhatikan dosis yang disarankan oleh dokter. Berikut efek samping yang terjadi setelah mengonsumsi obat domperidone.

  1. Mulut kering
  2. Urtikaria
  3. Diare
  4. Nyeri kepala
  5. Mulut kering
  6. Gangguan irama jantung

Obat ini juga bisa menyebabkan efek samping yang lebih parah, seperti :

  1. Disorientasi
  2. Pusing
  3. Pingsan
  4. Kesulitan dalam berbicara
  5. Kehilangan keseimbangan atau kontrol otot
  6. Pembengkakan mulut
  7. Pembengkakan wajah, tangan, dan kaki.

Cara Mengonsumsi Domperidone

Setelah mengetahui domperidone obat apa, tentu saja Anda harus mengetahui bagaimana cara mengonsumsi obat domperidone dengan benar. Anda bisa mengonsumsi domperidone dengan mengikuti anjuran dokter dan Anda juga bisa membaca informasi yang tertera pada kemasan obat domperidone.

Sebaiknya, konsumsi domperidone 30 menit sebelum makan. Atur jarak waktu yang cukup untuk mengonsumsi dosis domperidone selanjutnya. Domperidone adalah obat yang dikonsumsi jangka pendek dan tidak lebih dari 2 minggu. Apabila masih ada keluhan mual dan muntah masih ada setelah mengonsumsi domperidone selama lebih dari seminggu, sebaiknya hentikan penggunaan domperidone dan berkonsultasilah kepada dokter.

Interaksi Obat

Mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan menyebabkan terjadinya interaksi obat. Maka dari itu, Anda harus berkonsultasi kepada dokter dan meminta saran untuk menggunakan obat secara bersamaan. Beberapa interaksi obat domperidone dengan obat lain, seperti :

  1. Menghambat efek hipoprolaktinemia dan bromocriptine
  2. Menghambat efek prokinetik dengan analgesik opioid dan antimuskarinosis
  3. Penggunaan domperidone bersamaan dengan obat inhibitor CYP34A (ketoconazole, eritromisin, atau ritonavir) bisa meningkatkan kadar serum domperidone dan kemudian meningkatkan risiko perpanjangan QT meningkat.

Cara Penyimpanan

Obat domperidone merupakan obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Sebaiknya saat menyimpan obat domperidone jauhkan dari cahaya matahari langsung dan tempat yang lembap. Perhatikan informasi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker.

Itulah informasi lengkap tentang domperidone obat apa. Jika Anda harus mengonsumsi obat ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai dosis dan cara mengonsumsi yang benar. Apabila muncul efek samping yang membahayakan, hentikan penggunaan obat ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *