Categories
Uncategorized

Dosis Domperidon Anak yang Benar dan Kegunaannya

Dosis Dopmperidon Anak
dosis obat omeprazole

Domperidon merupakan obat golongan antiemetik. Obat ini bisa digunakan untuk orang dewasa dan juga anak-anak dengan dosis yang berbeda. Anda harus memberikan dosis domperidon anak yang benar agar tidak mengalami masalah atau efek samping yang buruk. Berikut ini dosis pemberian obat yang benar dan kegunaannya untuk berbagai jenis masalah kesehatan.

Dosis yang Benar

Domperidon untuk anak diberikan dengan dosis yang tepat agar bisa mengobati sesuai kondisi penyakitnya. Dosis untuk anak dengan gangguan pencernaan atau disebut dyspepsia adalah 3 x sehari 0.25 mg/kg. Berbeda dengan dosis untuk BB Mual dan muntah 3 sampai 4 x sehari 0.25-0.5 mg/kg BB.

Pemberiannya dilakukan 15 sampai 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur malam. Jangan sampai Anda salah memberikan dosis. Lihat baik-baik ketentuannya di bagian kemasan obat. Pemberian domperidon juga bisa dilakukan sesuai berat badan anak.

Jika berat badan anak dari  15 sampai 35 kg Anda bisa memberikan domperidon oral yang dosis 250 mcg/kgBB, 1-3 kali sehari. Berbeda lagi jika yang diberikan domperidon suppositoria dosisnya adalah 750 mcg/kgBB sebanyak 2 kali sehari. Jika berat badan anak Anda > 35 kg domperidon oral diberikan dengan dosis 10 mg sebanyak tiga kali sehari.

Bisa juga memberikan domperidon suppositoria dosisnya 30 mg sebanyak dua kali sehari. Berbeda lagi dosisnya untuk masalah gangguan motilitas saluran cerna yaitu diberikan secara oral dengan dosis 10 mg sebanyak tiga kali sehari. Obat domperidon ini dikonsumsi dengan cara ditelan jangan digerus atau pun dikunyah.

Kegunaan Obat

Mual dan Muntah

Anak-anak sering sekali mengalami masalah mual dan muntah yang disebabkan oleh banyak hal. Ini terjadi karena adanya gangguan di saluran pencernaannya. Domperidon bisa diberikan untuk mengatasi masalah ini. Dosis domperidon anak tentunya harus sesuai agar obat bisa bekerja dengan baik.

Penyakit Parkinson

Domperidon juga bisa digunakan untuk mengobati anak yang memiliki gejala penyakit parkinson. Sebuah jenis penyakit karena adanya gangguan progresif di bagian sistem saraf, sehingga mempengaruhi kemampuan bergerak dari pengidapnya.

Asal muasal penyakit ini diketahui dengan adanya tremor kecil pada bagian tangan. Lalu anak akan mengalami otot yang kaku seperti susah menggerakkan tangan atau kakinya. Kondisi ini akan semakin parah dari hari ke hari.  

Dispepsia Non-Ulkus

Dispepsia merupakan sebuah masalah yang berkaitan dengan saluran pencernaan terutama bagian atas. Hanya saja dyspepsia non ulkus artinya saat dilakukan pemeriksaan lanjutan tidak ada kelainan organik pada sistem pencernaan atau tidak adanya masalah fungsional.

Dispepsia non-ulkus di mana Anda mengalami keluhan rasa tidak enak pada abdomen atas, dan mengalami kembung atau penumpukkan gas. Keluhan lainnya cepat merasa kenyang atau mengalami nyeri di malam hari. Domperidon bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini secara perlahan.

Masalah Lambung

Lambung yang merupakan bagian dari organ pencernaan bisa mengalami masalah, sehingga mengganggu proses pencernaan. Anak bisa mengalami sakit perut jika lambung tidak bekerja dengan baik. Domperidon bisa digunakan untuk meningkatkan pergerakan atau kontraksi lambung dan usus, sehingga tidak mengalami masalah lagi saat mencerna makanan.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter jika masih ragu dengan dosis domperidon anak yang sesuai masalah kesehatannya. Konsultasi bisa Anda lakukan disitus online yang terpercaya. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *