Categories
Obat

Dulcolax, Tablet Obat Pencahar Solusi Susah BAB

Dulcolax

Untuk Anda pernah mendengar dulcolax sebagai obat pelancar BAB. Obat ini sudah sangat terkenal di pasaran apalagi saat ini obat ini memiliki pangsa pasar yang besar. Sebenarnya obat ini memiliki efek yang baik bagi tubuh tapi juga bisa apabila tidak sesuai dalam mengkonsumsinya. Berikut ini merupakan sedikit uraian mengenai obat pencahar tersebut.

Manfaat

Anda pernah mengalami kesulitan dalam buang air besar? Tentu setiap orang pasti pernah memiliki sejarah dalam buang air besar yang sulit. Jadi salah lahir obat pencahar sebagai solusi yang paling mudah dan murah. Disini kita selalu bertanya-tanya obat pencahar itu sebenarnya apa fungsinya?

Tentu saja itu akan membantu anda untuk buang air besar agar lebih lancar. Dengan melakukan stimulasi pada otot digesti membuat anda akan lebih mudah dalam buang air besar. Dalam dunia medis biasanya obat ini digunakan sebelum operasi. Hal itu diperlukan untuk mengosongkan perut pra operasi.

Obat ini akan menstimulasi otot perut dalam waktu 6 sampai 12 jam. biasanya kita akan meminum obat sebelum tidur dan pada pagi hari kita akan melakukan buang air besar. Hal itu memang sudah Biasa dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Ada kemungkinan kita untuk kerepotan karena obat ini apabila kita tidak mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Kondisi Pemakaian

ketika anda dalam kondisi sehat maka anda tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat dulcolax. Namun ketika kondisi Anda susah buang air besar dan panas dalam Anda sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat ini sebagai obat pencahar sekaligus membantu panas dalam Anda turun.

Ketika anda panas dalam otomatis otot perut anda berhenti berfungsi sementara. hal itulah yang membuat seseorang ketika panas dalam mengalami susah buang air besar. Maka dari itulah obat ini diperlukan untuk membantu seseorang yang panas dalam dan susah buang air besar juga. Akan tetapi ketika anda diare Anda sangat tidak direkomendasikan untuk minum obat ini.

Kita bisa bayangkan ketika diare kita bolak-balik ke kamar mandi, dan setelah itu kita minum obat pencahar itu akan memperburuk keadaan sehingga kita tidak perlu membayangkannya lagi. Maka dari itulah konsultasi dengan dokter merupakan hal yang krusial dalam pengambilan keputusan mengenai obat.

Ketika kita tidak melakukan konsultasi sebelum mengkonsumsi obat, ada kemungkinan kita akan mengalami kesusahan atau pun kerepotan setelah mengkonsumsi obat tersebut. Maka dari itulah sangat krusial poin konsultasi dengan dokter harus kita lakukan terlebih dahulu sebelum kita memilih ataupun membeli obat di manapun.

Efek samping

Ada beberapa efek samping yang mungkin akan datang bersama obat ini. Tapi itu semua bisa dihindari apabila kita menggunakannya dengan dosis yang tepat. Salah satunya yaitu ketidaknyamanan perut hal ini sangat wajar karena saat itu perut kita sedang dipacu untuk mengeluarkan apa yang ada didalamnya.

Mual muntah hingga iritasi perut juga mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi obat ini secara tidak tepat sasaran. Ada kemungkinan kita akan mengalami diare saat overdosis obat ini. Untuk dosis yang tepat kita memang tidak bisa memperkirakannya hanya dokter yang patut memberikan berapa dosis yang tepat untuk seorang pasien karena tidak ada patokan baku.

Seorang dokter perlu menghitung berapa dosis yang tepat untuk seorang pasien. Itu semua tergantung pada jenis kelamin, berat badan, hingga usia pasien tersebut. Yang tidak lepas dari pertimbangan adalah kondisi pasien tersebut saat akan menerima obat. Selain itu interaksi obat juga sangat diperhatikan oleh para dokter.

Apabila anda berencana untuk mengkonsumsi Dulcolax ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal itu untuk menghindari efek samping yang berlebihan ataupun overdosis yang bisa terjadi pada anda.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *